Fakta dan Statistik Menarik MotoGP Thailand

MotoGP Jepang 2022
MotoGP Jepang 2022
Sumber :
  • AP Photo/Shuji Kajiyama

VIVA – Grand Prix MotoGP kembali mendarat ke Thailand pada akhir pekan ini setelah dua balapan pada 2020 dan 2021 di Buriram dibatalkan karena pandemi COVID-19.

MotoGP Thailand pertama digelar pada 2018, dan seri tahun ini akan menjadi kesempatan ketiga bagi negeri Gajah Putih itu menjadi tuan rumah MotoGP.

Thailand menjadi satu dari tujuh negara di Asia yang telah menggelar Grand Prix, dengan Indonesia, Turki, Jepang, Malaysia, China dan Qatar.

Pada 2018, Sirkuit Internasional Chang menjadi sirkuit ke-28 yang menggelar balap MotoGP. Sejak itu dua sirkuit lain mengikuti jejak Thailand yaitu Sirkuit Algarve di Portugal dan Sirkuit Mandalika di Indonesia meramaikan MotoGP.

Buriram menjadi satu dari 12 lintasan di Asia yang pernah digunakan balap Grand Prix. Sirkuit lainnya adalah Motegi (66 balapan), Sepang (62), Lusail (59), Suzuka (56), Shah Alam (21), Shanghai (12), Istanbul Park (9), Fisco/Fuji (8), Sentul (6), Johor (3), dan Mandalika (3), demikian catatan MotoGP.

Di GP Thailand perdana, Marc Marquez mengalahkan Andrea Dovizioso dan Maverick Vinales. Di Moto2, Francesco Bagnaia meraih kemenangan atas Luca Marini dan Miguel Oliveira, sedangkan di Moto3, Fabio Di Giannantonio menang dari Lorenzo Dalla Porta dan Dennis Foggia.

Dari sembilan peraih podium di atas, enam di antaranya akan membalap di kelas MotoGP di Thailand pada akhir pekan nanti.

Halaman Selanjutnya
img_title