Pertahankan Gelar Juara Dunia F1, Max Verstappen Dinilai Pantas karena Hal Ini

Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen juara dunia F1
Sumber :
  • istimewa

VIVA Sport – Pembalap Red Bull Racing Max Verstappen berhasil meraih gelar juara dunia Formula 1 musim 2022 setelah memenangi Grand Prix Jepang, Minggu, 9 Oktober 2022. 

Usai Diakuisisi F1, Takkan Ada Lagi Wanita Cantik Berpayung di Samping Motor MotoGP?

Di waktu yang sama, rival terberatnya, Charles Leclerc (Ferrari) hanya mampu finis di urutan tiga sehingga perolehan poinnya di sisa empat seri terakhir tidak akan mampu mengejar poin Verstappen.

Sebetulnya, Leclerc bisa finis di posisi dua, tetapi dinilai memotong tikungan terakhir saat berduel melawan Serio Perez (Red Bull). 

Pemilik F1 Akhirnya Resmi Beli MotoGP dengan Harga Segini

Alhasil, pembalap asal Monako itu dihukum penalti 5 detik yang membuat posisinya melorot ke podium tiga, sedangkan Perez naik ke posisi dua. Bagi Verstappen, ini adalah gelar juara dunia F1 keduanya. 

Pencapaian Verstappen sebagai Juara Dunia F1 2022 mendapatkan apresiasi dari Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) Sri Adinegara.

Max Verstappen Juara F1 GP Bahrain, Ini Kunci Suksesnya

Dia menyebut, dengan dominasi podium dan kemenangan 12 kali selama musim 2022 sangatlah pantas bagi Max Verstappen menyandang gelar Juara Dunia Formula 1 lagi untuk kedua kalinya. 

"Apalagi didukung oleh tim yang solid dan profesional, serta dukungan penuh dari MobilTM Lubricants,” kata Sri Adinegara dalam keterangan resmi, Senin, 10 Oktober 2022.

Verstappen mengaku sangat senang Red Bull bisa menguasai balapan, meskipun sangat sulit untuk membalap di sini dengan cuaca hujan. 

"Mobil sangat kencang, dan sangat spesial melakukannya di depan para penggemar di Jepang. Titel kedua ini lebih indah dengan sepanjang musim yang kami lalui," kata Verstappen. 

Sepanjang musim F1 2022, Verstappen 14 kali naik podium dengan 12 di antaranya adalah kemenangan. Mulai dari Arab Saudi, Emilia Romagna, Miami, Spanyol, Azerbaijan, Kanada, Prancis, Hungaria, Belgia, Belanda, Italia.

Kemudian Jepang. Padahal masih ada empat seri lagi yang harus diselesaikan, dan persaingan titel Runner Up kini akan berlanjut antara Perez dan Leclerc.

Perez yang kini bertengger di posisi dua klasemen mengakui bahwa balapan kali ini sangat menegangkan dengan kondisi basah sepanjang lintasan.

“Sejauh ini sesuai harapan, dan kita harus tetap menjaga momentum hingga musim berakhir,” kata pembalap asal Meksiko ini.

Sri Adinegara menambahkan bahwa masih ada empat seri lagi dan tim mengejar titel Juara Dunia Konstruktor di US Grand Prix yang digelar di Austin pada 23 Oktober mendatang. 

Dirinya juga menyampaikan bahwa pelumas yang digunakan oleh tim Red Bull Racing juga tersedia di pasar Indonesia seperti rangkaian produk pelumas Mobil 1 dan Mobil Super. 

Di klasemen Juara Dunia 2022, Max Verstappen mengamankan gelar juara dunia dengan perolehan poin sementara sebesar 366 poin, di posisi kedua ada Perez dengan 253 poin. Hanya terpaut tipis 1 poin di posisi 3 dengan Charles Leclerc yang memiliki 252 poin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya