Profil Sirkuit Phillip Island MotoGP Australia 2022

Sirkuit Phillip Island, Australia
Sumber :
  • MotoGP

VIVA Sport – Sirkuit Phillip Island digunakan pada gelaran MotoGP Australia 2022 setelah dua tahun terhenti akibat pandemi COVID 19. Balapan tersebut berlangsung mulai hari ini Jumat, 14 Oktober 2022 hingga Minggu 16 Oktober 2022.

Akuntan Asal Australia Dibekuk Polisi di Bali

Sirkuit Phillip Island sendiri merupakan lintasan balap yang terletak di Pulau Phillip, Victoria, Australia. Tempat ini pertama kali dibuka pada tahun 1982, menjadikannya satu di antara tempat ikonik di dunia motorsport.

Marc Marquez di MotoGP Jepang 2022

Photo :
  • AP Photo/Shuji Kajiyama
Kisah Sertu Onisius, Babinsa TNI AD yang Berhasil Atasi Stunting di Pulau Terluar Dekat Australia

Dilansir dari laman resminya, Sirkuit Phillip Island adalah rumah bagi beberapa seri motorsport terkemuka di dunia termasuk Australian Motorcycle Grand Prix (diselenggarakan oleh Australian Grand Prix Corporation) dan Kejuaraan Dunia Superbike (diselenggarakan oleh PISBK).

Sirkuit Phillip Island sendiri dikenal sebagai trek yang sulit ditaklukkan. Jadi, para pembalap harus bekerja keras jika ingin menjadi yang tercepat di trek sepanjang 4,445 km tersebut.

Valentino Rossi Tak Sabar Mengaspal di Le Mans

Apalagi sudah dua tahun Australia tak menggelar balapan karena pandemi COVID-19. Sehingga bisa dikatakan para pembalap akan mencoba untuk beradaptasi lagi dengan Sirkuit Phillip Island.

Arena balap yang pertama kali digunakan pada tahun 1956 ini memiliki panjang lintasan sejauh 4.4 kilometer atau 2.76 miles. Kemudian lebar lintasan 13 meter atau sekitar 42.65 ft.

Sirkuit Phillip Island termasuk trek yang memiliki banyak tikungan tajam, diantaranya 7 tikungan kiri dan 5 tikungan kanan dengan trek lurus berjarak 900 meter atau 2952.76 ft

Balapan MotoGP Austria 2022

Photo :
  • AP Photo/Florian Schroetter

Selain untuk balap profesional, Sirkuit Phillip Island juga disewakan untuk umum dan selalu penuh setiap tahunnya. Diantaranya untuk uji kendaraan, launching produk baru dari salah satu brand hingga penyelenggaraan ajang balap lokal.

Di tempat ini kamu juga dapat berwisata berkeliling sirkuit. Kemudian melihat-lihat koleksi motorsport hingga mencoba race simulator.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya