Ungkapan Marc Marquez soal Performa Motor Honda yang Melempem di MotoGP Malaysia

Marc Marquez Kualifikasi MotoGP Jepang 2022
Sumber :
  • AP Photo/Shuji Kajiyama

VIVA Sport – Marc Marquez membongkar alasan mengapa seluruh pembalap Honda tampil melempem di MotoGP Malaysia yang terselenggara akhir pekan kemarin. Menurutnya, Sirkuit Sepang memang kurang cocok dengan karakteristik motor Honda.

Seperti Rossi, Marc Marquez Sadar Jika Pedro Acosta Berpeluang Juara Dunia

Marquez sebenarnya tampil cukup baik di sesi kualifikasi. Dia bahkan mampu start dari posisi ketiga. Namun, saat balapan berlangsung, dia tak kuasa melawan kepungan para pembalap Ducati. Hasilnya, dia harus puas dengan finish di urutan ketujuh.

Marc Marquez usai Kualifikasi MotoGP Jepang

Photo :
  • AP Photo/Shuji Kajiyama
Daftar Sepeda Motor yang Cocok Diisi BBM Pertalite

Bukan hanya tim pabrikan, pembalap satelit Honda juga mengalami hal serupa. Bahkan, lebih buruk lagi. Alex Marquez finis di urutan ke-17, sementara rekan setimnya, Takaaki Nakagami hanya menyudahi perlombaan di peringkat ke-23.

Menurut Marquez, Sirkuit Sepang memang tak cocok dengan karakteristik motor Honda. Bukan hanya itu, secara khusus gaya membalapnya juga kurang pas dengan lintasan sepanjang 4,3 kilometer tersebut.

Penjualan Honda Naik 19 Persen, Mobilio Masih Laku Segini Walau Tak Ada Penyegaran

"Saya tahu sirkuit ini merupakan yang paling buruk untuk gaya balap saya dan juga untuk motor (Honda), tanpa mesin kuat di trek lurus, Anda tidak bisa berbuat apa-apa," ujar Marquez, dikutip dari Motorsport.

Marquez mengaku, balapan kemarin terasa sangat berat dan menyiksa. Itulah mengapa dirinya merasa cukup puas dengan hanya menduduki peringkat ketujuh di MotoGP Malaysia.

"Saya lebih menderita daripada di Jepang, sirkuit ini membutuhkan kekuatan, tapi itu belum sampai batasnya," ucapnya.

Pembalap yang kini berusia 29 tahun telah memprediksi para pembalap Honda bisa tampil lebih baik di MotoGP Valencia nanti. Meski tak yakin meraih kemenangan, namun secara pribadi menargetkan podium di seri penutup tersebut.

Marc Marquez di MotoGP Australia 2022

Photo :
  • Joel Carrett/AAP Image via AP

"Sekarang, saya harap lakukan langkah kecil lagi dalam dua pekan terakhir di Valencia, seperti yang saya kuasai di MotoGP Buriram. Saya kira di Valencia, kami (Honda) bisa tampil lebih baik dari pada di sini," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya