Francesco Bagnaia Juara Dunia MotoGP 2022 Usai Balapan Sulit di Valencia

Francesco Bagnaia
Sumber :
  • AP Photo/Antonio Calanni

VIVA Sport – Pembalap Ducati, Francesco Bagnaia memastikan gelar juara dunia MotoGP 2022 saat tampil di MotoGP Valencia, Minggu malam WIB 6 November 2022. Gelar yang dia sandang meski finis pada urutan kesembilan di Sirkuit Ricardo Tormo.

Klasemen MotoGP 2024: Jorge Martin Pertama, Vinales Masuk 3 Besar Usai Menang di Amerika

Dia unggul perolehan poin atas pembalap Monster Yamaha, Fabio Quartararo pada klasemen pembalap. Quartararo sendiri menyudahi balapan kali ini pada urutan keempat.

Yang menjadi juara pada MotoGP Valencia 2022 adalah pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins. Di urutan kedua ada pembalap KTM, Brad Binder. Sementara untuk podium ketiga diambil oleh Pramac Ducati, Jorge Martin.

Maverick Vinales Rajai MotoGP Amerika 2024, Acosta Podium dan Marc Marquez Crash

Pembalap Team Suzuki Ecstar, Alex Rins di MotoGP Mandalika.

Photo :
  • Dok: Suzuki-Racing

Jalannya Balapan

Francesco Bagnaia Beber Masalah di Sprint Race MotoGP Amerika 2024

Rins berhasil merebut posisi terdepan balapan di awal. Dia unggul atas Martin yang memulai dari posisi terdepan. Sementara di urutan ketiga ada Marquez.

Ketika balapan memasuki putaran keempat, Quartararo berhasil menyalip Bagnaia yang ada di urutan kelima. Momen ini membuat keduanya jadi sorotan.

Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo.

Photo :
  • AP Photo/Vincent Thian

Jarak dari pembalap pertama hingga keempat sangat ketat. Lalu di belakangnya ada perebutan tempat kelima antara Quartararo dengan Bagnaia.

Saat fokus penonton ada di Quartataro dan Bagnaia, justru Miller yang membuat kejutan. Dia berhasil merebut posisi ketiga dari Marquez pada putaran keenam balapan MotoGP Valencia 2022.

Kembali ke persaingan Quartararo dan Bagnaia, ada keseruan yang ditambah dari Binder. Dia yang ada di urutan ketujuh malah memberi tekanan dengan jarak tipis kepada Bagnaia.

Fokus Bagnaia pun jadi terpecah. Saat berupaya untuk menghalangi Binder untuk menyalip, justru selisih ketertinggalannya dari Quartararo yang melebar.

Upaya Binder untuk menyalip Bagnaia akhirnya berhasil. Dia memaksa penguasa klasemen pembalap MotoGP 2022 itu untuk turun ke urutan ketujuh.

Marquez Tergelincir

Marc Marquez di MotoGP Jepang 2022

Photo :
  • AP Photo/Shuji Kajiyama

Nasib sial dialami Marquez pada balapan kali ini. Memasuki lap ke-10 MotoGP Valencia 2022, dia justru terjatuh saat ada di tikungan kedelapan.

Insiden ini benar-benar dia sesali. Bukannya tanpa alasan, sebab pada sesi kualifikasi, pembalap berjuluk Baby Alien berhasil menempati urutan kedua.

Sekembali dari pemulihan cedera bahu, Marquez sudah bertekad untuk tampil maksimal. Hasil yang dia dapatkan dalam beberapa seri terakhir juga baik.

Namun, karena kecelakaan ini, Marquez harus mengakhiri MotoGP 2022 tanpa menjejak garis finis. Jelas sebuah hasil yang mengecewakan.

Dengan keluarnya Marquez dari balapan, posisi balapan berubah. Quartararo ada di urutan keempat, disusul Binder dan Bagnaia.

Tekanan untuk Bagnaia tak Berhenti

Pembalap Ducati, Francesco Bagnaia.

Photo :
  • AP Photo/Peter Dejong

Bagnaia tertahan di urutan keenam pada pertengahan balapan. Posisi itu sejatinya sudah menguntungkan baginya, karena bisa tetap menjadi juara dunia.

Namun, tidak mudah baginya untuk bisa menunggangi motor dengan maksimal. Karena di belakangnya ada Joan Mir dari Suzuki Ecstar yang terus menekan.

Benar saja. Pada lap ke-14, Mir berhasil untuk mendahului Bagnaia. Sudahlah disalip, pembalap asal Italia itu kembali mendapat tekanan dari pembalap di belakangnya, yakni Miguel Oliveira dari KTM.

Bagnaia harus konsentrasi penuh menjaga posisinya. Karena dia tak bisa kehilangan poin dari balapan kali ini, mengingat Quartararo bisa saja merebut gelar juara dunia dari genggamannya, jika finis pada posisi pertama.

Saat balapan menyisakan 10 putaran lagi, Bagnaia bisa sedikit bernapas lega. Karena Quartararo turun ke urutan kelima setelah disalip oleh Binder.

Tapi situasi Bagnaia juga tak membaik. Dia harus turun ke urutan delapan setelah disalip oleh pembalap Mooney VR46, Luca Marini. Dan tekanan tak kunjung lepas, karena di belakang dia kembali menekan pembalap Gresini Racing, Enea Bastianini yang pada akhirnya bisa menyalip.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya