Ternyata Ada 5 Pembalap MotoGP yang Bersaudara, Siapa Saja?

Adik Valentino Rossi, Luca Marini
Sumber :
  • motorionline.com

VIVA Sport – Pembalap MotoGP punya sejarah panjang mengenai pembalap bersaudara. Marc Marquez dan Alex Marquez adalah pembalap pertama yang bersaudara di MotoGP. Ada beberapa pembalap bersaudara lain yang ada di MotoGP sebelum Alex dan Marc Marquez.

Insiden Marc Marquez di MotoGP Portugal 2024, Federal Oil Buka Suara

Nah, penasaran siapa saja mereka? Berikut daftarnya yang dihimpun VIVA dari dari berbagai sumber:

1. Christian Sarron dan Dominique Sarron

Jorge Martin Wins the 2024 Portugese MotoGP

christian sarron

Photo :
  • Alamy

Dua pembalap bersaudara asal Prancis ini, aktif di medio 1980-an. Christian yang merupakan kakak kandung dari Dominique adalah juara kelas 250cc. Sedangkan sang adik, Dominqiue lebih banyak berkutat di kelas 250 dan 125 cc dan mencatatkan peringkat tiga kelas 250 cc pada 1986.

MotoGP Portugal 2024: Sang Juara Dunia Tabrakan dengan Marc Marquez, Jorge Matin Berjaya

2. Nobuatsu Takuma dan Haruchika Aoki

Nobuatsu Takuma

Photo :
  • Istimewa

Pasangan kakak beradik Jepang ini memiliki julukan 'Fireball Brothers' karena penampilan dan kecepatannya. Keduanya aktif pada era 90-an. Nobuatsu sang kakak mengendarai NSR250 dan meraih gelar juara dunia kelas 125 cc pada 1996 sedangkan Takuma lebih sering berkutat di kelas 125.

Karier Haruchika lebih mentereng, ia balapan di kelas 500cc dengan Honda NSR500. Haruchika dan Nobuatsu adalah pembalap bersaudara terakhir yang berada di satu podium di Imola Gran Prix 1997.

3. Carlo Checa dan David Checa

carlo checa

Photo :
  • Wikimedia

Kedua pembalap ini sempat menembus kelas 250cc. Carlos Checa menang tiga balapan di kelas 500cc dan menjadi juara Superbike. Sedang sang adik, David Checa lebih banyak berkutat di kelas 250cc dan menangkan World Endurance Championship.

4. Nicky Hayden dan Roger Lee

Pembalap MotoGP, Nicky Hayden tewas dalam kecelakaan tahun 2017 saat bersepeda

Photo :
  • boxrepsol.com

Juara dunia MotoGP asal Amerika Serikat, Nicky Hayden bersaudara dengan Roger Lee. Keduanya bahkan sempat berbagi grid di kelas 500cc. Nicky Hayden terjun sebagai pembalap profesional pada tahun 2003 dan kemudian menjadi juara dunia pada tahun 2006.

Nicky Hayden mencoba ajang Superbike namun gagal bersinar hanya pada posisi ke-17. Roger Lee gagal mencoba bersinar dan hanya mencatatkan 5 poin pada tahun 2010 dan sempat peruntungan di ajang Superbike namun gagal.

5. Valentino Rossi dan Luca Marini

Valentino Rossi dan Fabio Quartararo

Photo :
  • Fabio Quartararo

Jarang diketahui, bahwa Valentino Rossi juga memiliki saudara.Adalah Luca Marini, pembalap Kalex merupakan saudara tiri Rossi. Luca Marini kini sudah menyusul sang kakak di kelas MotoGP.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya