Keseruan Nikmati Pit Walk di WSBK Mandalika 2022

Motor pembalap WSBK, Alvaro Bautista, di paddock Sirkuit Mandalika.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Sport – Berjalan kaki di pit walk adalah kesempatan yang paling nanti untuk sebagian besar pecinta balapan motor bergengsi seperti MotoGP hingga World Superbike (WSBK). Pasalnya, para penonton dapat melihat dari dekat paddock tim peserta.

Sukses Gelar MotoGP, Sirkuit Mandalika Jadi Magnet Pariwisata Olahraga

Hal itu tersaji saat seri Motul WSBK 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada Sabtu 12 November 2022. Para penonton tampak antusias memanfaatkan momen berjalan di pit walk.

Seluruh pengunjung dapat berjalan pit walk setelah mendapatkan gelang untuk melihat secara dekat aktivitas yang dilakukan oleh tim mekanik maupun pembalap sebelum balapan dimulai. Kesempatan ini jelas sangat jarang karena kapan lagi mereka bisa melakukan itu.

Aprilia Luncurkan Motor Edisi Spesial RSV4

Penonton WSBK Mandalika sedang meminta tanda tangan ke salah satu pembalap.

Photo :
  • Istimewa

Sekitar pukul 11.00 WITA, para penonton yang sudah memiliki gelang pit walk diperbolehkan masuk ke area paddock dengan pengawalan dari petugas berikut garis pembatas. Tidak hanya petugas umum yang berjaga, tapi ada pula beberapa gadis yang mengenakan pakaian adat khas NTB.

MS Glow For Men Racing Team Tampil Memukau di Mandalika Racing Series 2024

Terkait adanya beberapa gadis yang menggunakan pakaian adat, direktur utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria, mengatakan bahwa hal tersebut merupakan salah satu terobosan dengan tujuan untuk mengenalkan lebih luar budaya lokal ke kancah internasional.

"Saya kira tidak ada selain di Mandalika. Pit walk dikawal dengan banyak petugas yang menggunakan baju daerah. Respons penonton, pembalap, dan kru sangat luar biasa," ujar Priandhi.

Kendati pengawalan tidak begitu ketat, tapi ada aturan yang harus tetap dipatuhi para penonton yang berjalan agar tidak mengganggu kerja para kru maupun pembalap yang sedang melakukan persiapan.

Akan tetapi, di depan paddock masing-masing tim ternyata sudah disiapkan beberapa merchandise mulai dari poster hingga stiker. Bahkan, ada pula beberapa peserta pit walk yang berusaha mendapatkan tanda tangan atau selfie dengan para pembalap.

Paddock yang cukup ramai didatangi adalah milik tim Aruba.it Racing dan Pata Yamaha. Sebab, di dua paddock tersebut terdapat dua pembalap yang sedang memperebutkan gelar juara dunia WSBK 2022, yakni Alvaro Bautista dan Toprak Razgatlioglu.

Selain itu, banyak juga penonton yang hanya sekadar mengambil foto motor para pembalap yang kebetulan sedang disiapkan oleh tim mekanik. Pun, ada penonton yang berusaha mengabadikan momen berfoto disamping garis start meski dibatasi dengan pagar.

Setelah 30 menit, petugas yang mengawal pit walk bergegas mengarahkan penonton untuk berbalik arah dan keluar melalui jalan yang sama. Kendati waktunya sangat singkat, penonton sangat menikmati keseruan yang mereka dapatkan.

"Kapan lagi ada kesempatan seperti masuk ke pit walk balapan kelas internasional. Jadi, kesempatan seperti ini harus dimanfaatkan betul," ujar salah penonton asal Depok, Sardo Michael.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya