Uji Ketahanan Sambil Berdonasi di Event Balap Wawas Argo Enduro

Balap motor Wawas Argo Fun Enduro 2022
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Sport – Perkembangan olahraga ekstrem balap enduro atau ketahanan semakin masif di Indonesia. Terbukti dari semakin banyaknya event terkait balap motor enduro tersebut.

Kejurnas Oneprix 2024 Segera Digulirkan, Ekspansi Keluar Pulau Jawa Serta Tingkatkan Ekonomi Lokal

Seperti yang baru-baru ini hadir. Bertajuk Wawas Argo Fun Enduro 2022, event balap in menjadi ajang untuk menguji ketahanan para rider dan performa motor untuk menjadi yang tercepat dalam balapan. Kegiatan tersebut dihelat di sebuah kawasan wisata trail adventure Wawas Argo, Cibodas, Jonggol, Jawa Barat, Sabtu 17 Desember 2022.

Meski bertajuk fun enduro, tapi event ini tetap menghadirkan tantangan bagi para pesertanya. Bagaimana tidak, kawasan Wawas Argo merupakan wilayah perbukitan yang masih asri sehingga memiliki rintangan yang terbentuk secara alami. Sebagai gambaran, trek didominasi bukit terjal dan bebatuan hidup di lahan seluas 15 hektar.

Dunia Balap Motor Berduka, Pembalap 21 Tahun Meninggal Dunia

Tak lupa, wilayah tersebut juga memiliki pemandangan yang cantik sehingga bisa memanjakan mata baik para pembalap maupun penontonnya.

Ajang ini diinisiasi oleh Laksamana Pertama TNI (Purn) Agus Karminto, S.E. setelah dia melihat peminat balap enduro yang cukup tinggi.

Dekatkan Diri dengan Fans, Kejurnas Oneprix 2024 Digelar di 4 Pulau Berbeda

Terbukti, perlombaan ini mampu menarik sekitar 500 pembalap untuk ikut serta yang terbagi menjadi 8 kategori. Yang paling menarik tentu kelas build up di bawah dan atas 50 tahun serta kelas wanita.

Membeludaknya peserta tak lepas dari pendaftaran yang tidak dipungut biaya sepeser pun. Namun, menghadirkan hadiah dengan jumlah yang menggiurkan.

"Untuk kesekian kali saya mengadakan event enduro baik yang fun enduro maupun hard enduro. Event ini gratis dengan harapan bisa menjaring para pembalap muda namun profesional," kata Agus Karminto di sela-sela acara Wawas Argo Fun Enduro.

Lebih lanjut, Agus menerangkan jika agenda ini akan dicoba lebih rutin lagi digelar. Mengingat, antusiasmenya cukup tinggi, bahkan sampai menarik minat pembalap yang biasa tampil di level internasional.

"Saya berbangga sekali karena di sini ada pembalap yang kelasnya internasional. Maka itu, semoga ini ke depannya bisa menjadi event nasional, bisa menjadi event IMI dan IOF," ungkapnya.

Tak hanya sekadar menyuguhkan aksi di lintasan balap, Wawas Argo Fun Enduro juga tak lupa mengedepankan aksi peduli. Sebelum balapan dimulai, dilaksanakan sebuah charity yang ditujukan kepada para korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

"Pada acara tutup tahun 2022 ini, saya selenggarakan fun enduro peduli. Karena saya menyadari bahwa saudara kita yang di Cianjur masih bersedih, makanya acara ini diawali dengan menyumbangkan sedikit rejeki kepada masyarakat Cianjur sebanyak Rp25 juta," tutur Agus Karminto.

"Sumbangan diberikan ke komunitas roda dua karena yang belum terjangkau adalah yang di pelosok yang tidak bisa dijangkau oleh roda dua. Saya titipkan ke perwakilan klub sekitar 50 klub untuk mendistribusikan sumbangan saya," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya