Logistik Mulai Berdatangan, Mandalika Siap Gelar Lagi WSBK

Pesawat pengangkut logistik WSBK
Sumber :
  • Mohammad Yudha Prasetya/VIVA

VIVA Sport – PT Angkasa Pura I (AP I) mulai melayani kedatangan pesawat kargo pengangkut logistik di Bandara Internasional Lombok, untuk mendukung ajang Kejuaraan Superbike World Championship (WorldSBK) 2023 seri Mandalika.

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

Direktur Utama AP I, Faik Fahmi menjelaskan, tahun ini merupakan ketiga kalinya Kejuaraan Dunia Superbike diselenggarakan di Sirkuit Mandalika.

"Sebagai pintu gerbang utama bagi keluar masuknya logistik kejuaraan, peserta, dan para penonton di Bandara Internasional Lombok, AP I senantiasa berkomitmen untuk mendukung kesuksesan penyelenggaraan di tahun ini," kata Faik dalam keterangannya, Selasa, 28 Februari 2023.

Mobil-mobil JDM Bakal Ramaikan Sirkuit Mandalika

Dia memastikan, setelah dikembangkan, Bandara Lombok semakin optimal dalam mendukung berbagai event skala dunia. Antara lain seperti Kejuaraan Dunia Superbike dan MotoGP, guna mendukung pariwisata Lombok dan Kawasan Mandalika sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Aprilia Luncurkan Motor Edisi Spesial RSV4

Untuk mendukung arus lalu lintas kargo dan logistik di Bandara Internasional Lombok, Faik memastikan pihaknya akan membangun akses jalan terminal kargo sepanjang 1.500 meter, dan pembangunan pelataran kargo seluas 6.000 meter persegi yang dapat menampung 40 truk kargo.

"Secara prinsip, Angkasa Pura I siap untuk mendukung kelancaran persiapan hingga pelaksanaan Kejuaraan Dunia Superbike Seri Mandalika pada akhir pekan nanti," ujarnya. 

Diketahui, pesawat kargo pertama yang tiba di Lombok ini merupakan pesawat Boeing 747-400 Freighter milik maskapai Qantas Airways, dengan nomor penerbangan QF7581. Kapal itu mendarat pada Senin 27 Februari 2023, pukul 23.35 WITA, dengan muatan kargo sebanyak 97,8 ton.

Pesawat tersebut sebelumnya berangkat dari Avalon, Australia, serta kemudian lepas landas menuju Bangkok pada Selasa (28/02) dini hari pukul 02.37 WITA, setelah selesai menurunkan muatan kargo.

Menurut jadwal, terdapat satu lagi pesawat kargo pengangkut logistik yang akan tiba di Bandara Internasional Lombok, pada hari Rabu pagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya