Kisah Heroik di Balik Sukses MotoGP Mandalika 2022, Polairud Cari Kapal Hilang

Anggota Polairud Polda NTB dapat penghargaan dari ITDC dan MGPA
Sumber :
  • Satria Zulfikar (Mataram)/VIVA

VIVA Sport – MotoGP Mandalika 2022 ternyata nyaris saja gagal karena pasir untuk pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika tidak kunjung datang.

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

Kapal pengangkut pasir dari Sulawesi hilang kontak dan tidak kunjung sampai ke Lombok. Sejumlah Anggota Polairud Polda NTB kemudian diterjunkan untuk menemukan kapal yang hilang kontak.

Setelah sekian lama mencari, Polair kemudian menemukan kapal tersebut. Ternyata kapal hilang kontak karena cuaca buruk. Kapal kemudian diarahkan ke Lombok. 

Mobil-mobil JDM Bakal Ramaikan Sirkuit Mandalika

Berkat jasa sejumlah Anggota Polairud Polda NTB, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) memberikan penghargaan kepada masing-masing Anggota Polairud Polda NTB yang terlibat melakukan pencarian.

Aprilia Luncurkan Motor Edisi Spesial RSV4

Penghargaan diberikan saat momen World Superbike (WSBK) 2023, Sabtu, 5 Maret 2023.

"Ini merupakan penghargaan kami, karena Polairud Polda NTB berhasil menemukan pasir untuk aspal ulang Sirkuit Mandalika menjelang MotoGP Mandalika tahun 2022 lalu," kata Direktur Utama MGPA Priandhi Satria.

Dia menceritakan nyaris saja MotoGP Mandalika 2022 ditunda akibat pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika belum terlaksana.

"Ancamannya MotoGP bisa-bisa tidak terlaksana di Sirkuit Mandalika tahun 2022 lalu," ujarnya.

Saat itu aspal Sirkuit Mandalika sudah dibongkar dan menunggu kedatangan pasir dari Sulawesi untuk dilakukan aspal ulang.

"Bersyukur Polairud Polda NTB berhasil menemukan kapal pengangkut pasir yang hilang kontak dengan kami," kata Prindhi.

Direktur Polisi Air dan Udara (Dirpolairud) Polda NTB Kombes Pol Kobul Syahrin Ritonga mengatakan, kapal pasir tersebut ditemukan saat cuaca lagi buruk-buruknya.

Dengan peralatan yang ada di Kapal Baladewa posisi kapal pengangkut pasir tersebut berhasil ditemukan.

"Saat itu perwakilan dari PP menyampaikan kepada kami bahwa pasir untuk aspal ulang Sirkuit Mandalika hilang kontak, selama empat hari," katanya.

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya