Red Bull Dominan, Max Verstappen Juara F1 GP Bahrain 2023

Max Verstappen juara F1 GP Bahrain
Sumber :
  • AP Photo/Frank Augstein

VIVA Sport – Red Bull Racing mengawali musim 2023 dengan dominan ketika juara dunia dua kali Max Verstappen memenangi F1 GP Bahrain pada Minggu 5 Maret 2023, dan Sergio Perez membantu tim berlogo banteng merah itu finis 1-2 di Sakhir.

Juara F1 GP China, Max Verstappen Disebut dari Planet Lain

Verstappen tak mendapati perlawanan berarti sejak start dari pole position hingga finis 11,987 detik di depan rekan satu timnya.

"Anda tidak pernah tahu apa yang terjadi nantinya di balapan, sangat senang pada akhirnya bisa menang di Bahrain," kata Verstappen setelah meraih kemenangan pertamanya di Sakhir, dikutip laman resmi F1.

Usai Diakuisisi F1, Takkan Ada Lagi Wanita Cantik Berpayung di Samping Motor MotoGP?

"Saya rasa kami memiliki paket balap yang baik, kami bisa benar-benar bertarung dengan ini jadi terima kasih banyak untuk tim ini."

Tontonan menarik justru terjadi jauh di belakang kedua mobil Red Bull tersebut ketika Fernando Alonso dengan mobil Aston Martinnya mempecundangi duet Mercedes dan Ferrari dalam perebutan zona podium.

Pemilik F1 Akhirnya Resmi Beli MotoGP dengan Harga Segini

Start dari P5, Alonso sempat mendapati posisinya melorot pada lap pembuka sebelum pelan-pelan merangkak naik, menyalip George Russell dan Lewis Hamilton dari tim Mercedes.

Setelah meninggalkan duet Mercedes itu, pada lap ke-46 Alonso menyalip mobil Ferrari Carlos Sainz untuk posisi ketiga dan finis 38 detik berselang dari pemenang lomba untuk mempersembahkan podium bagi Aston Martin, dalam penampilan pertamanya berseragam tim asal Inggris itu setelah diboyong dari Alpine.

Lima lap sebelum mendapat kejutan dari Alonso, Ferrari harus menelan pil pahit karena mobil Charles Leclerc mengalami kendala teknis 15 lap jelang finis saat berada di posisi ketiga.

Sebelum balapan, tim Italia itu mendeteksi adanya masalah pada mobil Leclerc dan melakukan pergantian sejumlah komponen power unit mobil sang pebalap Monako, yang merupakan pemenang balapan di Bahrain tahun lalu. Isu reliabilitas pun kembali membayangi Ferrari dengan kegagalan Leclerc finis di Bahrain.

Lance Stroll, yang baru saja pulih dari cedera pergelangan tangan, menegaskan tren positif Aston Martin, yang disebut-sebut sebagai tim kuda hitam menyusul hasil positif tes pramusim dan sesi latihan bebas di Bahrain, dengan finis P6 di belakang Carlos Sainz dan Lewis Hamilton dari tim Mercedes.

"Selamat untuk Lance, rekan satu tim saya, menjalani operasi 12 hari lalu dan sekarang dia bertarung dengan semua orang. Finis di podium, mobil terbaik kedua di balapan pertama, ini sungguh tak nyata," kata Alonso.

George Russell hanya mampu finis P7 di mobil Mercedes kedua di saat Valtteri Bottas (Alfa Romeo), Pierre Gasly (Alpine) dan Alexander Albon (Williams) melengkapi sepuluh besar.

Sirkuit Jeddah Corniche di Arab Saudi akan menjadi tuan rumah balapan selanjutnya pada 20 Maret mendatang. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya