5 Ritual Aneh Pembalap MotoGp Sebelum Pertandingan, No 4 Paling Unik

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi.
Sumber :
  • Instagram/@sepangracingteam

VIVA Sport - Ada sejumlah pembalap MotoGp yang melakukan ritual aneh atau unik. Hal tersebut diyakini oleh mereka bisa meningkatkan performa saat balapan atau pun keselamatan.

Hadiri Pesta Adat Lom Plai, Pj Gubernur Kaltim: Seni Budaya Ini Harus Dilestarikan

Balapan MotoGp menang memacu adrenalin yang sangat tinggi maka sudah tidak heran para pembalap tersebut melakukan ritual terlebih dahulu. Berikut beberapa ritual aneh pembalap MotoGp sebelum bertanding, seperti dilansir berbagai sumber:

1. Marc Marquez

Maverick Vinales Cetak Sejarah yang Tak Pernah Diraih Valentino Rossi, Ada Andil Suzuki

Marc Marquez saat balapan di MotoGP Aragon 2022

Photo :
  • AP Photo/Jose Breton

Marc Marquez merupakan salah satu pembalap MotoGp asal Spanyol yang memiliki prestasi luar biasa. Namun ia memiliki ritual yang sangat aneh sebelum melakukan pertandingan, ia selalu mengecek jantung terlebih dahulu, pasalnya sebelum balapan dimulai, raider berusia 30 tahun tersebut merasa tegang.

Valentino Rossi Gagal, Maverick Vinales Sukses

Selain itu, ada keunikan lain dari sang juara MotoGp 2018 tersebut. Saat hendak melakukan latihan bebas dan babak kualifikasi, ia selalu mengenakan celana dalam berwarna biru. Namun ketika balapan dimulai, ia mengenakan celana dalam warna merah.

2. Valentino Rossi

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi.

Photo :
  • Instagram/@valeyellow46

Siapa yang tak kenal dengan pembalas satu ini, Valentino Rossi telah mendominasi balapan MotoGp selama dua dekade hingga ia memutuskan untuk pensiun pada 2022.

Pembalap asal Italia tersebut memang memiliki ritual unik sebelum pertandingan dimulai. Valentina Rossi sebelu jongkok di sebelh mesi motornya, lalu ia seperti berbicara pada mesin tersebut, ia meyakini bahwa tidak tersebut dapat membantu performanya saat berlaga. Hal tersebut terbukti bahwa Valentino Rossi sudah meraih gelar tujuh kali juara dunia MotoGp.

3. Casey Stoner

Casey Stoner

Photo :
  • motorcyclenews

Casey Stoner merupakan pembelas asal Australia, ia juga merupakan salah satu rider MotoGp terbaik. Namun ia memiliki kebiasaan aneh atau unik sebelum laga. Biasanya para pembalap akan dipayungi oleh wanita yang sudah disediakan oleh pihak penyelenggara.

Namun berbeda dengan Casey Stoner, ia hanya mau dipayungi oleh istrinya sendiri. Hal tersebut diyakini oleh dirinya dapat membantu meningkatkan performa balapannya. Sebelum mulai tancap gas, ia selalu mencium istrinya.

4. Kevin Schwantz

Kevin Schwantz merupakan salah satu legenda balap MotoGp, ia juga pernah merasakan gelar juara Dunia di kelas 500cc. Akan tetapi ia telah memiliki ritual yang terbilang sangat aneh, Seperti halnya Marc Marquez,

Kevin Schwantz selalu menggunakan celana dalam keberuntungannya. Namun belum ada informasi lebih lanjut mengenai celana dalam yang digunakan oleh Kevin Schwantz bermawa apa.

5. Dani Pedrosa

Marc Marquez & Dani Pedrosa Membalap di Sirkuit Sentul

Marc Marquez & Dani Pedrosa Membalap di Sirkuit Sentul

Photo :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

Dani Pedrosa merupakan salah pembalap asal Spanyol yang terbilang cukup berprestasi, meskipun ia belum pernah merasakan gelar juara dunia MotoGp.

Akan tetapi ia memiliki ritual yang cukup aneh, ketika balapan akan dimulai, ia tidak akan turun dari motornya hingga pertandingan dimulai. Selain itu, ketika berada di atas motor, ia jarang sekali ngobrol dengan pembalap lain dan lebih memilih untuk tetap berkonsentrasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya