Kondisi Pol Espargaro Usai Kecelakaan Parah di Sesi Latihan MotoGP Portugal

Pebalap GasGas Factory Racing Tech3, Pol Espargaro mengalami kecelakaan parah.
Sumber :
  • Twitter

VIVA Sport - Pebalap GasGas Factory Racing Tech3, Pol Espargaro mengalami kecelakaan (crash) parah di sesi latihan MotoGP Portugal, akhir pekan ini. Dia pun langsung dilarikan ke rumah sakit.

Maverick Vinales Cetak Sejarah yang Tak Pernah Diraih Valentino Rossi, Ada Andil Suzuki

Seperti dikutip dari AFP, Espargaro harus melewatkan putaran perdana MotoGP 2023 setelah didiagnosa menderita trauma tulang belakang yang parah.

Kecelakaan kecepatan tinggi yang dialami pebalas berusia 31 tahun dengan motor KTM Tech3 GasGas itu menyebabkan jeda panjang pada sesi yang akhirnya selesai sekitar dua jam lebih lambat.

Valentino Rossi Gagal, Maverick Vinales Sukses

Pebalap Spanyol, yang pindah ke tim barunya setelah dua musim yang mengecewakan di Honda, kehilangan kendali atas mesinnya di tikungan ke-10 pada sesi kedua dan terlempar keluar lintasan.

Espargaro yang sempat berguling ke tembok, sempat diberikan bantuan pertama di pinggir trek sekitar setengah jam sebelum diterbangkan ke rumah sakit dengan helikopter ke Faro untuk perawatan cedera punggung dan leher.

Meyakini Kebangkitan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024

"Ia menderita trauma punggung dan dada," demikian pernyataan dari promotor kejuaraan Dorna.

Direktur Medis MotoGP Angel Charte mengatakan pebalap veteran itu menderita trauma tulang belakang yang parah dan luka memar di paru-parunya.

"Meskipun saya pikir dia akan pulih dengan baik, kami perlu melakukan tes yang sesuai untuk menentukan sejauh mana cederanya," ujar Charte.

"Dia sadar, waspada, dan merespons dengan baik. Dia sedikit terbius karena obat penghilang rasa sakit yang kami berikan. Dia bisa menggerakkan kaki dan lengannya dengan sangat baik, jadi tidak ada alasan untuk takut akan cedera tulang belakang permanen," katanya menambahkan. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya