Cerita di Balik Terpilihnya Eks Bandara Mataram Jadi Lokasi MXGP 2023

MXGP Samota 2022
Sumber :
  • VIVA/Satria Zulfikar

VIVA SportBekas Bandara Mataram terpilih menjadi lokasi MXGP 2023 di Lombok, NTB yang akan digelar pada 1 sampai 2 Juli 2023. Pada lahan bekas bandara tersebut kini tengah dibangun sirkuit motocross dunia.

PSI Ungkap Sosok Gubernur yang Tepat Pimpin Jakarta

Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengungkapkan ada tiga lokasi yang ditawarkan untuk menjadi sirkuit MXGP. Lokasi pertama di Sirkuit Lantan Lombok Tengah, kemudian di Sirkuit Tohpati Mataram dan terakhir eks bandara yang hanya memiliki lahan kosong.

Namun dari tiga lokasi tersebut, Infront Moto Racing selaku pemegang hak penyelenggaraan dan komersial MXGP memilih lokasi di eks Bandara Mataram dengan berbagai pertimbangan setelah mengecek lokasi.

Sean Gelael dan Tim WRT 31 Paling Terdepan, Raih Posisi 1 di Imola

Namun Zulkieflimansyah mengatakan di manapun lokasi MXGP minimal Lombok bisa menerima dengan ramah setiap pembalap dan krunya yang akan mengunjungi Lombok.

"Minimal jika di Lombok mampu menghadirkan senyuman bagi pendamping-pendamping pembalap dan krunya," katanya dalam Rapat Koordinasi MXGP 2023 di Kantor Gubernur NTB, Senin, 22 Mei 2023.

Iskandar Sitorus Bongkar Ciri-ciri Artis P yang Terlibat Kasus Korupsi Rp4 Triliun

Bagi orang nomor satu di NTB ini, MXGP bukan sekedar balapan namun menjadi pendongkrak pembangunan daerah.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah Rapat Koordinasi MXGP 2023

Photo :
  • VIVA | Satria Zulfikar (Mataram)

"Event balap motor ini bukan hanya balap semata melainkan ini adalah eksternalitas untuk pengungkit aktivitas kegiatan pembangunan di NTB," ujarnya.

Lahan seluas 68 hektare di bekas bandara bisa bermanfaat untuk pembangunan ke depannya, sehingga tidak terkesan kumuh. Geliat ekonomi pun akan terasa ketika event besar berada di lokasi tersebut.

"Jika ini sukses, saya yakin aktivitas bisnis di Kota Mataram akan menggeliat bangkit, Senggigi akan hidup bahkan Lombok Utara dengan 3 Gili akan kecipratan atas berbagai aktivitas lainnya," ujarnya.

Selain menjadi kebangkitan ekonomi, event MXGP ini dapat meningkatkan lapangan kerja, pariwisata, okupansi hotel dan lain sebagainya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya