Tarung di Assen, Marquez Berduet dengan Lecuona

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez
Sumber :
  • Alessandro La Rocca/LaPresse via AP

VIVA Bola – Marc Marquez dipastikan turun pada MotoGP Belanda, akhir pekan ini setelah melewatkan balapan di Jerman karena cedera dan bakal didampingi pembalap World Superbike Iker Lecuona yang menggantikan Joan Mir yang masih dalam pemulihan.

Terpopuler: Marc Marquez Singgung Honda, Modus Maling Motor Pura-pura Kecelakaan

"Saya tiba di Assen ingin melupakan akhir pekan yang sulit di Jerman. Kami memiliki satu balapan lagi sebelum liburan musim panas dan tujuannya adalah mengumpulkan banyak data bagus untuk para teknisi sehingga mereka dapat bekerja selama minggu-minggu berikutnya," kata Marquez, dikutip dari laman resmi tim Repsol Honda, Rabu 21 Juni 2023.

Lebih lanjut, Marquez akan kembali ke balik kemudi RC213V untuk berlaga di putaran delapan MotoGP musim ini. Belanda dikenal menyajikan pertempuran sengit di sekitar sirkuit sepanjang 4,54 kilometer yang cepat dan mengalir.

Pujian untuk Penampilan Ganas Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024

Marquez telah dua kali memenangi balapan di Sirkuit Assen di kelas premier dan hanya sekali finis di luar podium yaitu pada tahun 2021.

Tiket MotoGP Indonesia 2024 Sudah Bisa Dibeli, Harga Mulai Rp350 Ribu

Ia dan tim tiba di Belanda dengan harapan yang realistis dan tahu bahwa akhir pekan nanti menjadi peluang mereka sebelum jeda musim panas untuk fokus ke pengembangan motor ke depan.

"Ini adalah fokus untuk akhir pekan, kami harus tetap tenang dan mendekati akhir pekan dengan rencana yang jelas," imbuhnya.

Sementara itu, Lecuona membuat penampilan keduanya tahun ini di MotoGP di saat Mir memulihkan diri di rumah dengan tujuan untuk kembali beraksi di GP Inggris dengan kondisi fit.

Adapun Lecuona melakukan debut bersama Repsol Honda di GP Spanyol pada awal tahun, membukukan akhir pekan yang konsisten dan menyelesaikan balapan Sprint dan Grand Prix. Pada 2022, pebalap berusia 23 tahun itu merebut podium WSBK debutnya di sirkuit Belanda.

"Saya senang bisa bergabung dengan tim lagi, ini suatu kehormatan. Assen adalah sirkuit yang saya suka, saya mendapat podium WSBK pertama saya di sana jadi mudah-mudahan kita bisa memiliki akhir pekan yang bagus seperti di Jerez. Saya masih sedikit pulih setelah kecelakaan di Misano, jadi ini akan menjadi tes fisik yang bagus juga," ujar Lecuona.

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya