Keluhan Fernando Alonso Lihat Kalender F1 2024

Fernando Alonso dan Lance Stroll menghadiri peluncuran mobil tim Aston Martin F1
Sumber :
  • Aston Martin

SILVERSTONE – Pembalap Aston Martin Fernando Alonso menilai kalender Formula 1 musim 2024 terlalu padat dan intens. Hal itu menyusul pengumuman kalender musim mendatang yang akan dimulai pada Maret hingga Desember dengan total sebanyak 24 grand prix.

"Saya mengerti semua manfaat atau keuntungan memiliki 24 balapan dan alasan di balik itu semua. Tapi, itu sulit, mengingat ada banyak minat di F1 dan permintaan yang besar," kata Alonso, dikutip dari AFP.

Lebih lanjut, juara dunia dua kali itu mengatakan yakin jadwal balapan yang begitu padat dapat membuat tim maupun pembalap merasa kewalahan karena musim berlangsung hampir sepanjang tahun.

Meski demikian, Alonso tak menampik minat yang tinggi akan olahraga balap mobil itu memiliki banyak hal positif yang mengikutinya. Seperti memperluas akses menonton bagi penggemar di banyak belahan dunia hingga membuka lapangan pekerjaan baru bagi penduduk di sekitar sirkuit.

Juara F1 GP China, Max Verstappen Disebut dari Planet Lain

"Tentu dengan minat yang tinggi itu, saya rasa juga bagus untuk (F1) tampil di negara baru dan mengadakan balapan baru, termasuk tahun ini di Las Vegas dan beberapa tahun lalu di Qatar. Dan sangat bagus untuk mengembangkan olahraga ini ke negara-negara baru," kata pebalap Spanyol itu.

Usai Diakuisisi F1, Takkan Ada Lagi Wanita Cantik Berpayung di Samping Motor MotoGP?

Saat memulai debutnya dengan Minardi pada 2001, pebalap berusia 41 tahun itu memulai musim dengan 17 balapan yang kebanyakan digelar di Eropa dan berlangsung dari Maret hingga Oktober.

"Akan ada lebih banyak pendapatan untuk semua orang. Saya mengerti itu, tapi menurut saya untuk anggota tim, jumlah balapan yang bagus adalah 18. Lebih dari 18, atau 19, Anda akan mulai menekankan semua mekanik – dan media – dan semua orang untuk bekerja keras dari Februari hingga Desember," ujar Alonso.

"Banyak yang harus dihadapi dan dimiliki…. Kami, para pembalap, memiliki semua kenyamanan dan mereka (tim dan staf) menjaga kami sebaik mungkin, jadi kami tidak dapat mengeluh terlalu banyak. Tapi sungguh, saya mengerti ini sulit bagi orang lain," imbuhnya.

Pemilik F1 Akhirnya Resmi Beli MotoGP dengan Harga Segini

Bicara soal persiapannya jelang GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Alonso mengakui adanya penurunan performa setelah setidaknya tiga kali beruntun ia naik podium musim ini. Meski demikian, ia optimistis Aston Martin dapat menjadi penantang yang kompetitif di sirkuit legendaris itu.

"Kami harus melakukannya dengan baik di sini. Silverstone adalah trek yang luar biasa untuk dikendarai dengan banyak tikungan cepat," ujar Alonso.

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya