Max Verstappen Start Terdepan di GP Inggris

Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen
Sumber :
  • AP Photo/Darko Vojinovic

SILVERSTONE – Pembalap Red Bull Max Verstappen bakal start terdepan pada balapan Formula 1 Grand Prix Inggris yang digelar di sirkuit Silverstone pada Minggu 9 Juli 2023, diikuti jadoan McLaren Lando Norris di posisi kedua.

Usai Diakuisisi F1, Takkan Ada Lagi Wanita Cantik Berpayung di Samping Motor MotoGP?

Pria berkebangsaan Belanda itu telah mencatatkan pole position kelima secara beruntun dan tujuh kali meraih pole position selama musim ini berlangsung.

Dilansir dari statistik resmi Formula 1, Verstappen tampil tercepat pada kualifikasi meski menghadapi sirkuit Silverstone dengan trek basah dan berubah kering dengan catatan waktu 1 menit 26,720 detik.

Pemilik F1 Akhirnya Resmi Beli MotoGP dengan Harga Segini

Di belakang Verstappen, dua pebalap pabrikan McLaren Lando Norris dan Oscar Piastri mengekor dengan catatan waktu masing-masing 1 menit 26,961 detik dan 1 menit 27,092 detik.

Sementara di posisi keempat dan kelima ditempati oleh dua pebalap Ferrari Charles Leclerc dan Carlos Saint Jr. yang mencatatkan waktu masing-masing 1 menit 27,136 detik dan 1 menit 27,148 detik.

Max Verstappen Juara F1 GP Bahrain, Ini Kunci Suksesnya

Setelah mereka ada dua pebalap Mercedez di posisi keenam dan ketujuh George Russel dan Lewis Hamilton. Sedangkan pebalap Red Bull lainnya Sergio Perez harus memulai balapan dari posisi keenam belas.

“Kualifikasi ini cukup gila, cukup sibuk, juga cukup licin di beberapa tempat,” kata Max Verstappen dilansir dari laman Formula 1.

Pada kualifikasi pertama (Q1) setelah sesi latihan terakhir yang diguyur hujan, kondisi buruk terus berlanjut hingga kualifikasi karena lebih banyak hujan yang turun dan menghasilkan balapan F2 yang basah, tetapi jeda cuaca lainnya membuat trek hanya lembab untuk awal Q1.

Leclerc dalam sesi Q1 segera meminta peralihan ban kering. Membuat pebalap Red Bull itu mencatatkan waktu tercepat di Q1 dengan catatan 1 menit 30,719 detik.

Pada Q2 cuaca berubah menjadi terik membuat seluruh pebalap (kecuali Bottas) mengganti ban dengan kondisi kering dan lebih lunak. Verstappen memimpin sesi Q2 dengan catatan waktu 1 menit 27,702 detik.

Di Q3, pebalap asal Britania Raya Norris membuat gemuruh di seluruh penjuru tribun dengan mencatat waktu 1 menit 26,961 detik untuk meraih posisi terdepan sementara.

Namun lagi-lagi Verstappen tampil lebih cepat dengan mencatatkan waktu 1 menit 26,720 detik dan mengamankan pole position untuk ajang balapan yang digelar Minggu.

"Di Q1 dan Q2, masih ada beberapa titik lembab, jadi harus sedikit hati-hati. Tentu saja saya mencoba mencapai batas kecepatan, tetapi mengetahui bahwa kami (tim) memiliki mobil yang cepat, saya tidak perlu mencapai batas 100 persen. Saya pikir itu sebabnya di Q3 ketika saya benar-benar melakukannya, di situlah kami kemudian memanfaatkan celah sedikit. Bagi kami, ini adalah hari yang menyenangkan, dan saya sudah menantikan hari esok," kata Verstappen.

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya