Satu-satunya Tim Balap Milik Dealer Toyota di Indonesia

Mobil balap milik Kartikasari Motorspot mengandalkan Toyota Agya.
Sumber :
  • VIVA/Uki Rama

Malang – Toyota Kartika Sari Malang menjadi satu-satunya dealer milik Toyota di Indonesia yang memiliki divisi balap bernama Kartikasari Motorsport (KSM). Bahkan tim ini baru saja diresmikan oleh Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Hiroyuki Ueda pada 3 Juli 2023 lalu. 

Rio Haryanto Lamar Keponakan Sandiaga Uno, Netizen: Patah Hati Nasional Pak!

Sejumlah kejuaraan bergengsi telah mereka ikuti antara lain, Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Autokhana, Series Slalom hingga Sprint Rally. Di antara kejuaraan itu atlet Kartikasari Motorspot bahkan ada yang menyabet posisi 7 hingga runner up.

"Padahal, mobil Toyota yang kami pakai itu bermesin LCGC, tapi ternyata kami masih mampu berbicara banyak. Pernah posisi 7 bahkan juara 2 juga pernah,'' kata Advisor Kartika Sari Motorsport, Deny Kristiono, Selasa, 11 Juli 2023. 

Detik-detik Dua Mobil Land Cruiser Bersenggolan Hingga Ban Terlepas di Bromo

Saat ini Kartikasari Motorspot telah memiliki 4 atlet mobil balap lengkap beserta kru yang diambil dari teknisi internal Toyota Kartika Sari. Sementara, 4 atlet balap direkrut dari kustomer setia mereka. 

Toyota Kenalkan Innova Baru Edisi 2024

Dalam penjaringan dicari yang memang memiliki latar belakang profesional. Minimal mereka pernah mengikuti event balap sekaligus menorehkan prestasi. Keempat pembalap itu Alif Rendy, Lucky, Hermala dan Felicia Ivana. Mereka juga merupakan putra putri daerah Malang. 

"Sebenarnya, kami bisa saja gaet atlet yang lebih pro lagi, tapi kami lebih prefer untuk support atlet lokal saja. Dan mereka ini kustomer kami yang memang hobi balap," ujar Deni. 

Mobil yang digunakan tim Kartikasari Motorspot ini adalah mobil Toyota Agya 1.2 yang sudah di-developed menjadi mobil balap. Menariknya, mereka tetap menggunakan mesin tipe LCGC bawaan. Namun, kemampuannya sudah setara mobil balap.

Kartikasari Motorspot ingin menjadi kiblat baru di Jawa Timur. Mereka ingin divisi balap yang mereka rintis dapat meramaikan atmosfir olahraga di bidang otomotif di Indonesia. Di sisi lain, ekosistem ini juga dapat menjadi ajang promosi kualitas mesin Toyota itu sendiri. 

"Jadi disini ekosistemnya sudah terbentuk. Ada kolaborasi dengan kustomer, kemampuan teknisi kami juga bertambah sehingga juga menjadi ajang promosi dengan engagement yang lebih tinggi," tutur Denny.

Toyota Kartika Sari Malang juga ingin membuktikan bahwa dealer itu tidak hanya sekadar menjual mobil. Namun mereka juga ingin meningkatkan SDM para karyawan di dalamnya, juga kustomer.

"Dengan begitu, brand awareness itu akan terbentuk dengan sendirinya. Meski memang secara angka penjualan belum pasti, tapi itu sudah terlihat dari peningkatan sisi experience pada kustomer," kata Deny. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya