Pembukaan APRC Danau Toba 2023, Komitmen Dukung Reli Dunia

Pembukaan APRC Asia Rally Cup 2023 Danau Toba
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

Sumut – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin secara resmi penyelenggaraan event sport internasional, Asia Pasific Rally Championship (APRC) Asia Rally Cup 2023 Danau Toba, di The Kaldera Toba Nomadic Escape, Desa Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Jumat sore, 22 September 2023.

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Mantan Pangdam I Bukit Barisan itu, dengan tegas mendukung kejuaraan reli dunia kembali ke Sumatera Utara ini, dengan event World Rally Championship (WRC) di tahun 2025 mendatang. Pastinya, akan memberikan dampak positif bagi dunia pariwisata di provinsi ini.

“Saya berbangga hati saat pertama kali disampaikan oleh Pak Ijeck dan Pak Harun beberapa hari sebelum berangkat ke sini terkait kegiatan reli di Danau Toba. Komitmen saya sebagai Pejabat Gubernur Sumatera Utara memberikan komitmen untuk mendukung kegiatan ini hingga kejuraan reli dunia bisa hadir kembali di Provinsi Sumatera Utara ini,” ucap Hasanuddin.

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

Hasanuddin mengungkapkan event ini, menjadi cara efektif mengenalkan Danau Toba sebagai satu kekayaan terbesar Provinsi Sumut. Terutama dalam sektor pariwisata dan dapat memberikan kontribusi kemajuan dunia pariwisata tanah air pada umumnya.

“Sumatera Utara punya anugerah luar biasa, Danau Toba. Danau Toba ini milik dunia, banyak cara untuk menduniakan Danau Toba salahsatunya dengan menggelar event seperti ini. Sehingga saya atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Sumatera Utara berterima kasih kepada panitia dan semua pihak yang sudah membawa kejuaraan reli sampai di Danau Toba,” kata Hassanudin.

Puncak Arus Balik Lebaran di Sumut Berlangsung Selama 3 Hari

Kesempatan itu, Hasanuddin mengajak semua kepala daerah khususnya di kawasan Danau Toba, seluruh stakeholder dan masyarakat untuk mendukung dan memanfaatkan event ini. 

“Saya mengajak kepada para kepala daerah di kawasan Danau Toba, teman-teman semua dan masyarakat mari kita sambut, mari kita dukung dan mari kita manfaatkan kejuraan reli ini. Apa yang bisa kita lakukan, kita dukung untuk mensukseskan ini,” tutur Hassanudin.

Sementara itu, Pembina Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut Musa Rajekshah menyambut baik komitmen Pj Gubsu Hasanuddin. Kehadiran WRC di Sumut, menurutnya tidak bisa terwujud tanpa dukungan pemerintah daerah juga pemerintah pusat.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Hasanuddin dan khususnya Bapak Jokowi yang sudah menyampaikan dukungannya. Ketua IMI Pusat Bapak Bamsoet juga telah bertemu President Federasi Automotif Internasional (FIA) dan melakukan penandatanganan agreement Tahun 2025 Indonesia salah satu seri kejuaraan dunia reli,” kata Ijeck, panggilan akrab Musa Rajekshah.

Lanjut Ijeck, bersama dengan IMI Sumut pihaknya berkomitmen untuk terus mengelar kejuraan reli di Sumatera Utara baik lokal, nasional hingga internasional sebagai upaya mendukung kemajuan pariwisata Sumut.

“Kita bersama IMI Sumut tetap komit untuk melaksanakan reli karena Sumut ini sudah jadi ikon reli bagi pereli nasional juga internasional. Apalagi kita jugakan ambil kawasan Danau Toba sebagai lokasi acara, jadi peserta senang, penonton senang dan semoga ini bisa mendorong pariwisata kita Danau Toba,” katanya.

Hadir dalam acara Chief Stewart FIA Mr Wayne Scoot, APRC President Mr Vicky Chandok, Ketua IMi Sumut Harun Mustafa Nasution, Bupati Toba Poltak Sitorus, Bupati Samosir Vandiko T Gultom, Bupati Pakpak Bharat Franch Bernhard Tumanggor.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya