Setelah 11 Tahun, Marc Marquez TInggalkan Repsol Honda

Marc Marquez Kualifikasi MotoGP
Sumber :
  • AP Photo/Shuji Kajiyama

TOKYO – Marc Marquez memberi kejelasan tentang nasibnya musim depan. Dia baru saja mengumumkan akan meninggalkan Repsol Honda.

Terpopuler: Marc Marquez Singgung Honda, Modus Maling Motor Pura-pura Kecelakaan

Pembalap asal Spanyol tersebut akan meninggalkan tim pabrikan asal Jepang  di akhir musim MotoGP 2023 ini. Perpisahan dengan tim tersebut lebih cepat dari yang seharusnya, karena kontrak Baby Alien masih tersisa sampai 2024.

Kedua pihak sepakat pemutusan kontrak adalah yang terbaik.

Pujian untuk Penampilan Ganas Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024

"Dengan sisa satu tahun dalam kontrak empat tahun antara HRC dan Marc Marquez, kedua belah pihak sepakat untuk mengakhiri kerja sama mereka setelah selesainya musim 2023," tulis pihak Honda melansir 100kpj.

Tiket MotoGP Indonesia 2024 Sudah Bisa Dibeli, Harga Mulai Rp350 Ribu

"KKedua pihak setuju demi kepentingan terbaik, masing-masing pihak akan mencari cara lain di masa depan untuk mencapai tujuan dan target," lanjutnya pernyataan Honda.

Marquez sendiri sudah membela Honda selama 11 tahun, dan berhasil memenangkan enam gelar juara dunia MotoGP. Dia memenangi juara dunia pertamanya pada debutnya di MotoGP pada 2013 lalu.

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez

Photo :
  • Alessandro La Rocca/LaPresse via AP

Sayangnya, dalam beberapa musim terakhir performanya menurun dan sering mengalami cedera. Belum lagi, dia mengeluhkan performa motor RC213V yang dinilai tak sanggup bersaing dengan motor-motor Ducati.

Di musim ini, Marquez baru mencicipi podium pertamanya dengan finis ketiga di MotoGP Jepang pada akhir pekan lalu. Kini, dirinya menduduki posisi 15 pada klasemen sementara MotoGP 2023 dengan raihan 64 poin, atau kalah 255 poin dari Francesco Bagnaia di puncak klasemen.

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya