Crosser Tanah Air Adu Ketangkasan di Final Trial Game Dirt Malang

Aksi crosser dalam ajang Trial Game Dirt 2023
Sumber :
  • VIVA/Uki Rama

Malang  – Trial Game Dirt 2023 atau kejuaraan motocross bergengsi yang diinisiasi oleh 76Rider telah memasuki putaran terakhir di tahun ini. Setelah digelar di 5 daerah yakni Solo, Lumajang, Purwokerto, Magelang dan Mojokerto. 

Mimpi Jakarta LavAni Hattrick Juara Proliga

Kota terakhir atau kota ke 6 yang menggelar Trial Game Dirt 2023 adalah Kota Malang. Puluhan crosser akan bersaing di Lapangan Rampal, di Jalan Panglima Sudirman, Kota Malang, pada Jumat 3 hingga Sabtu, 4 November 2023.

Puluhan crosser bakal bersaing di atas lintasan demi mencatatkan waktu terbaik dan meraih titel juara umum pada empat kelas. Antara lain, FFA Open, Campuran Open, FFA Master dan Campuran Non Seeded. 

Target PBSI Bawa Indonesia Kembali Juara Piala Thomas

Sejumlah nama pembalap yang bertengger di papan atas klasemen seperti Lantian Juan, M Excel, Ivan Harry, Savona Oky dan Asep Lukman akan habis-habisan menunjukkan performa terbaik mereka.

Agnes Wuisan dari 76Rider mengapresiasi tingginya antusiasme para kroser karena telah berjuang sejak seri pertama hingga babak pamungkas di Malang nanti. Ia berharap, kejuaraan ini bisa mendongkrak kemampuan para kroser nasional sehingga memiliki skill dan teknik mumpuni ketika berlaga di ajang yang lebih tinggi lagi.

Trent Alexander-Arnold Siap Bangkitkan Juara Liverpool

“Melihat daya juang para crosser sejak seri pertama, kami optimistis seri pamungkas di Malang nanti akan berlangsung sengit. Karena perebutan gelar juara masih terjadi di tiga dari empat kelas yang dipertandingkan. Untuk itu, dari penyelenggara kami berharap race di Malang akan berlangsung kompetitif dan sportif sehingga para pecinta extreme sports dapat terhibur sesuai dengan konsep sportainment yang kami usung dalam kejuaraan ini," kata Agnes, Jumat, 27 Oktober 2023.

Salah satu persaingan sengit akan terjadi di kelas utama Campuran Open. Pada kategori ini, kroser asal Kediri, Jawa Timur, Lantian Juan tengah memimpin klasemen sementara dengan 119 poin berkat kemenangannya di seri kelima Mojokerto. Menguntit di posisi kedua ada Asep Lukman dengan perolehan poin 102, selanjutnya adapula Ivan Harry Nugroho bertengger di posisi ketiga dengan poin 90.

Sementara itu, di kelas utama lainnya yakni FFA Open, Lantian Juan sukses mengunci gelar juara usai mengantongi 125 poin dari lima seri yang telah diikuti. Gelar juara dipastikan diraih Asep Lukman karena kroser di urutan kedua baru mengoleksi 98 poin. Jarak yang jauh membuatnya tak mampu menggusur posisi Lantian Juan sekalipun ia juara di Malang nanti. 

Direktur Genta Auto & Sport sekaligus promotor Trial Game Dirt 2023, Mariachi Gunawan, menyebut persaingan merebut titel juara umum tidak semudah hitung-hitungan poin di atas kertas. Karena untuk menapaki tangga juara, para kroser harus tampil fokus menghadapi berbagai obstacle yang terjadi di tengah lintasan. 

Aksi Crosser dalam ajang Trial Game Dirt 2023

Photo :
  • VIVA/Uki Rama

Di seri pamungkas ini Mariachi bersama timnya sejak jauh hari, sudah merancang halang-rintang yang harus dihadapi para pebalap. Seperti, double car jump, jumpingan patah, giant table top, titian kobra, jumpingan kurma royal serta paling anyar Jumping Tong.

“Di seri pamungkas ini, menurut saya yang akan juara bukan dia yang memiliki teknik tinggi, tapi juga selalu fokus dan konsentrasi saat balapan. Karena, dengan pemilihan lokasi race tepat di jantung kota dengan akses transportasi yang cukup mudah, diharapkan para penggila balap akan membanjiri kejuaraan ini dan menghasilkan atmosfer perebutan gelar juara semakin seru dan kompetitif," ujar Mariachi.

Sementara itu, salah satu kroses yang sudah mengunci gelar juara di kelas FFA Open Lantian Juan mengatakan, dirinya tetap harus fokus agar mampu menggengam titel juara umum di kelas Campuran Open. Lantian Juan mengaku telah melakukan latihan fisik hingga meracik setingan motor agar mampu tampil optimal di hadapan Arek Malang. 

Untuk persaingan, dia menilai lawan paling berat dan paling tangguh di seri ini adalah Asep Lukman dan Ivan Harry Nugroho. Karena selama ini, dua kroser itulah yang selalu mengusik kedigdayaan Lantian Juan sebagai pemimpin klasemen sementara.

“Asep Lukman dan Ivan Harry masih menjadi ancaman di seri ini, namun saya optimis dapat meraih Juara Umum Trial Game Dirt 2023. Karena jarak poin saya dengan lawan terpaut cukup jauh. Meski begitu, saya tetap harus waspada karena di sirkuit Lapangan Rampal ini saya belum pernah mencoba sama sekali,” tutur pembalap dengan nomor start 12 itu. 

Pada race di Malang nanti, keseruan tak hanya tersaji di tengah lintasan semata. Mengusung konsep sportainment, 76Rider akan menggelar berbagai aktivitas di arena race seperti atraksi freestyle downhill dari rider-rider kebanggaan 76Rider yang didatangkan khusus di seri pamungkas Trial Game Dirt 2023. Adapula live band performance, shopping booth dan official merchandise hingga pesta kembang api besar di akhir acara.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya