Tak Ada Keraguan Marc Marquez Tinggalkan Honda

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez
Sumber :
  • Alessandro La Rocca/LaPresse via AP

Jakarta – Marc Marquez akan jadi pembalap Gresini Ducati pada MotoGP 2024. Dia mengaku tidak ragu untuk meninggalkan Repsol Honda meski ada aturan konsesi MotoGP untuk tahun depan.

ITDC Umumkan Tiket MotoGP Mandalika 2024 Didiskon 50 Persen

Sistem pemeringkatan baru akan diberikan kepada empat kelompok konsesi. Aturan ini akan berdasar dari poin konstruktor.

Yamaha dan Honda adalah tim yang memulai musim depan dari peringkat D. Karena mereka mencetak kurang dari 35 persen poin maksimum konstruktor.

Upaya Ducati Amankan VR46 dan Gresini dari Godaan Yamaha

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez

Photo :
  • AP Photo/ Kittinun Rodsupan

Yamaha tercatat memiliki 27 persen poin konstruktor. Sementara Honda memiliki 25 persen. Nantinya mereka dapat membuka fasilitas teknis maksimum.

Siap Tinggalkan Ducati, Pramac Racing Mulai Negosiasi dengan Yamaha

Hal ini mencakup pengujian pribadi dengan pembalap, lebih banyak pergantian mesin per pembalap, pengecualian dari pembekuan desain mesin, dan lebih banyak pembaruan aero.

"Saya pikir jika Anda memiliki kemungkinan untuk mengembangkan mesin, dan mengubah lebih banyak parameter, Anda memiliki lebih banyak pilihan untuk mencapai level atas," kata Marc Marquez, dikutip dari Crash.

Marc Marquez saat sesi uji coba bersama Gresini Racing untuk MotoGP 2024

Photo :
  • ANTARA/HO/MotoGP

"Tentu saja ini tidak cuma akan membantu saya, tapi juga semua proyek Honda dan Yamaha," imbuh pembalap berjuluk The Baby Alien tersebut.

Bagi Marquez, kelonggaran untuk Honda itu tak lantas membuatnya tergiur untuk bertahan. Dia memilih untuk gabung dengan Ducati, karena dianggap motor lebih mendukung.

"Saat saya mengambil keputusan, sudah jelas bahwa 90-95 persen Honda akan mendapat kelonggaran untuk tahun 2024," ujar Marquez.

Ducati sendiri masuk dalam peringkat A, karena mereka memiliki 96 persen poin konstruktor maksimum. Pabrikan Italia itu akan mengurangi pengujian ban dan tidak punya wild card.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya