Menanti Sistem Deteksi Kecelakaan MotoGP yang Baru

Kecelakaan di MotoGP Prancis.
Sumber :
  • Youtube

Jakarta – Sistem deteksi kecelakaan MotoGP yang baru dikabarkan sebentar lagi siap digunakan. Setelah mengumpulkan data sepanjang 2023, pertaruran teknis di musim ini nampaknya akan segera rampung.

Marc Marquez Start Terdepan di Sprint Race dan Balapan MotoGP Spanyol 2024

Sistem deteksi kecelakaan ini takkan cuma diterapkan di MotoGP. Di dua kelas lainnya, Moto2 dan Moto3 juga akan digunakan. Karena tujuannya untuk meminimalisir kecelakaan fatal.

Sistem deteksi ini nantinya berupa lampu dan alarm. Lampu tidak cuma digunakan untuk kondisi hujan biasa atau dalam jarak pandang yang rendah.

ITDC Umumkan Tiket MotoGP Mandalika 2024 Didiskon 50 Persen

Jorge Martin memimpin sprint race MotoGP Thailand 2023

Photo :
  • AP Photo/ Kittinun Rodsupan

Seluruh motor yang ikut balapan diwajibkan memiliki lampu MotoGP terpadu ini. Dipasang di bagian belakang mesin, dan dapat dioperasikan dari jarak jauh oleh Race Direction.

Upaya Ducati Amankan VR46 dan Gresini dari Godaan Yamaha

Lampu terpadu MotoGP nantinya juga menyediakan tombol yang membuat pembalap mudah untuk menyalakan atau mematikannya. Letaknya tentu yang mudah dijangkau oleh pembalap.

Menurut Crash, sistem ini dipercaya mampu mendeteksi kecelakaan secara akurat dan mengirimkan pesan adanya motor yang kecelakaan ke Race Direction. Sepanjang pengumpulan data memang terjadi kesalahan, tapi sudah bisa teratasi.

Kecelakaan parah di MotoGP Australia.

Photo :
  • MotoGP

Alarm ini diperkirakan cuma berbunyi ketika ada motor yang terjatuh, bukan ketika pembalap keluar jalur. Itu berarti identifikasi visual dari sebuah insiden oleh petugas di tepi lintasan menjadi penting.

Selama pengujian, diyakini bahwa peringatan yang dikirim dari sistem deteksi ini terbukti lebih cepat ketimbang deteksi dari manusia.

Tahap pertama dari sistem ini kemungkinan bakal fokus pada pengaktifan lampu belakang yang berkedip ketika motor terjatuh. Tujuannya untuk memperingatkan pembalap lain yang ada di belakang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya