Sambut MotoGP 2024, Yamaha Ketinggalan dari Ducati

Yamaha MotoGP
Sumber :
  • twitter.com/YamahaMotoGP

Jakarta – Sesi uji coba MotoGP 2024 telah digelar di Sirkuit Sepang, Malaysia. Dari hasilnya, Yamaha tertinggal dari Ducati. Ini jelas jadi kekhawatiran tersendiri bagi para penggemar.

Siap Tinggalkan Ducati, Pramac Racing Mulai Negosiasi dengan Yamaha

Empat pembalap yang menggunakan motor Ducati mendapatkan hasil bagus dalam sesi uji coba di Sirkuit Sepang, yakni Francesco Bagnaia, Jorge Martin, Enea Bastianini, dan Alex Marquez.

Akan tetapi, bagi Yamaha secara tim, ketertinggalan itu bukanlah masalah besar. Mereka masih fokus dalam mengembangkan motor sehingga bisa lebih maksimal lagi dalam balapan nanti.

Jadwal Lengkap Sprint Race dan Balapan MotoGP Spanyol 2024, Akhir Pekan Ini

Fabio Quartararo MotoGP Jepang 2022

Photo :
  • AP Photo/Shuji Kajiyama

Direktur Tim Yamaha, Massimo Meregalli menjelaskan beberapa perubahan yang dilakukan oleh mereka. Mulai dari mengembangkan mesin baru, meningkatkan aerodinamis, hingga penambahan perangkat holeshot belakang.

Sukses Gelar MotoGP, Sirkuit Mandalika Jadi Magnet Pariwisata Olahraga

"Area utama yang paling banyak kami kerjakan adalah mesin dan aerodinamis dan kami juga memperkenalkan perangkat holeshot belakang baru," kata Meregalli, dikutip dari laman resmi MotoGP.

Meregalli mengklaim segala perubahan yang dilakukan oleh Yamaha telah dikonfirmasi para pembalapnya, yakni Cal Cruthlow, Fabio Quartararo, dan Alex Rins. Dampak ke performa motor pun sudah terasa.

"Motornya sedikit lebih cepat dan aerodinamisnya membantu pengendara berbelok dan perangkat start belakang mengurangi wheelie dan akselerasi lebih banyak," tuturnya.

Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo.

Photo :
  • AP Photo/Vincent Thian

Dari para pembalap Yamaha, Fabio Quartararo adalah yang tercepat sepanjang tiga hari sesi uji coba. Diperkirakan juga dia yang akan memimpin tim di MotoGP 2024.

Namun prediksi yang beredar, tak mudah bagi Yamaha untuk merebut podium di musim 2024. Karena tim seperti KTM dan Aprilia juga memiliki motor yang baik.

"Memang benar masih ada celah yang harus kami tutup. Kami akan memiliki banyak waktu untuk mengerjakannya musim ini untuk menjadikannya semakin kecil. Tapi kami tidak terlalu khawatir," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya