Tontowi/Liliyana Mundur dari India Open 2018

Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir
Sumber :
  • VIVA / Donny Adhiyasa

VIVA – Indonesia akan bertarung tanpa andalan mereka di sektor ganda campuran pada India Open 2018 BWF World Tour Super 500. Pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir batal tampil karena kondisi yang kurang memungkinkan.

Ricky/Angga Takluk, Indonesia Gagal Tambah Gelar di India Open 2019

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Pelatih Ganda Campuran PBSI, Richard Mainaky. Dia menjelaskan bila Tontowi tengah mempersiapkan kelahiran anak keduanya, itu juga yang membuatnya harus puas meraih posisi runner up bersama  Liliyana di Indonesia Masters 2018 beberapa waktu lalu.

“Kondisi Tontowi kurang siap. Memang sebelum Indonesia Masters, persiapan dan konsentrasinya sedikit terganggu jelang kelahiran anak keduanya,” kata Richard di situs resmi PBSI.

Greysia/Apriyani Juara India Open, Indonesia Menanti Gelar Kedua

“Jadi kelihatan di final Indonesia Masters kemarin tidak tahan fokus dalam menghadapi tekanan-tekanan dari pasangan Tiongkok (Zheng Siwei/Huang Yaqiong). Sehingga tidak bisa menjalankan pola dan strategi untuk meredam serangan Zheng/Huang,” lanjutnya.

Richard mengungkapkan bila Tontowi yang menghubunginya langsung dan menyatakan tak siap bertanding. Dia pun bisa menerimanya, dan meminta pasangan yang akrab disapa Owi/Butet itu fokus ke All England.

6 Fakta Menarik India Open, Indonesia Catat Rekor Mentereng

“Semalam Tontowi sendiri yang telepon saya dan sampaikan keraguan untuk tanding dengan kondisi dia yang kurang maksimal. Jadi saya putuskan untuk cancel saja di India Open. Keadaan seperti ini memang tidak bisa dihindari, harus dijalani. Lebih baik mereka persiapkan diri jelang All England,” kata Richard.

Ganda campuran merupakan salah satu sektor tumpuan Indonesia saat ini selain ganda putra. Mundurnya Tontowi/Liliyana membuat target tim ganda campuran di India Open 2018 yang bakal berlangsung mulai Rabu 31 Januari 2018 itu lantas bergeser.

“Targetnya tetap semaksimal mungkin, minimal lolos ke semifinal dulu,” ujarnya

Absennya Tontowi/Liliyana, sektor ganda campuran menyisakan tiga wakil yang akan bertanding di India Open 2018. Mereka adalah Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja.

Di babak pertama, Praveen/Melati akan bertemu dengan peraih medali perak Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (Malaysia). Jika lolos, Praveen/Melati kemungkinan bertemu dengan Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto.

Namun dengan catatan, Ricky/Debby harus melewati laga pertama melawan Mak Hee Chun/Ting Yeung Nga (Hong Kong). Sementara itu Hafiz/Gloria sudah ditunggu wakil tuan rumah yang juga unggulan kedelapan, Pranaav Jerry Chopra/Sikki Reddy N. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya