Awal Sempurna Indonesia di Kualifikasi Piala Uber

Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung
Sumber :
  • PBSI

VIVA – Tim bulutangkis putri Indonesia mengawali langkah di Badminton Asia Team Championship 2018 dengan baik setelah menyapu bersih semua laga atas tim Singapura. Dalam laga yang berlangsung di Stadium Sultan Abdul Halim, Malaysia, Selasa 6 Februari 2018, Fitriani cs tak kehilangan satu game pun dan menang 5-0.

Penghancur Praveen/Melati Juara German Open 2022, China Hancur Lebur

Keberhasilan ini disambut baik oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti. Dia mengatakan cukup puas dengan penampilan tim putri di pertandingan perdana. Terlebih, turnamen ini menjadi bagian dari kualifikasi menuju Piala Uber.

"Sejauh ini penampilan tim putri cukup baik di sektor tunggal maupun ganda. Di atas kertas sudah unggul dari lawan, tetapi kalau bisa menekan terus ya tekan. Saya bilang kepada tim putri untuk tetap serius dan jangan sampai lengah," ujar Susy dalam rilis yang diterima VIVA.

Tragis, Penghancur Raja Bulutangkis Gagal Juara German Open 2022

Meski puas, Susy tetap memiliki catatan terkait kekurangan timnya. Salah satunya penampilan Fitriani yang masih tegang.

"Fitri sudah mulai yakin dengan permainannya, meskipun masih ada catatan dia tegang. Turun sebagai tunggal pertama kalau tegang itu manusiawi. Kalau di beregu, jika kita kalah efeknya bisa ke satu tim. Jadi, tanggung jawabnya lebih besar," ujar Susy.

Tragis, Raja Bulutangkis Dunia Tersingkir dari German Open 2022

Kemenangan ini juga sangat disyukuri oleh salah satu penggawa Tim Merah Putih, Gregoria Mariska Tunjung. Tampil terakhir, dia memiliki beban untuk bisa meneruskan kemenangan.

Beruntung, dia mampu menuntaskan tugasnya dengan baik meski di awal laga dia masih harus beradaptasi dengan kondisi lapangan.

"Di game pertama tadi saya masih beradaptasi dengan kondisi lapangan yang berangin. Masih kurang dapat feelingnya. Fokusnya masih suka hilang, tapi kemudian saya bisa kendalikan," kata Gregoria.

Di laga selanjutnya, tim putri Indonesia akan berhadapan dengan tim Tiongkok dalam lanjutan Grup Z. Laga ini akan dihelat pada Kamis, 8 Februari 2018. Artinya tim putri punya satu hari untuk mempersiapkan diri.

"Kalau diturunkan melawan Tiongkok, saya siap. Dari segi rangking, kami masih kalah dari tim Tiongkok, jadi kami siap main all out saja," lanjut Gregoria.

Sementara itu, tim putra akan menjalani pertandingan perdana di penyisihan Grup D pada Selasa malam, 6 Februari 2018.

Berikut hasil lengkap pertandingan penyisihan Grup Z Badminton Asia Team Championships 2018 antara Indonesia vs Singapura:

Fitriani vs Hui Zhen Grace Chua 21-16, 21-13

Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani vs Nur Insyirah Khan/Zhi Rui Bernice Lim 21-7, 21-17

Hanna Ramadini vs Jia Rong Sito 21-9, 21-5

Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris vs Ong Ren-Ne/Wong Jia Ying Crystal 21-12, 21-19

Gregoria Mariska Tunjung vs Nur Insyirah Khan 21-12, 21-16 (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya