Bintang Malaysia Tolak Tampil di Piala Thomas

Pemain ganda putra Tan Boon Heong (Malaysia) dan Yoo Yeon Seong (Korea Selatan)
Sumber :
  • badmintonplanet.com

VIVA – Pemain senior ganda putra Malaysia, Tan Boon Heong, memutuskan untuk menolak tawaran kembali memperkuat skuat tim nasional bulutangkis Negeri Jiran. Eks partner Koo Kien Keat tersebut justru memilih balik ke jalur profesional bersama rekan main barunya.

Rekam Jejak Indonesia di Piala Thomas dan Uber

Federasi Bulutangkis Malaysia (BAM) melansir kabar tersebut yang diutarakan langsung oleh Norza Zakaria selaku Presiden BAM. Padahal, sebelumnya BAM telah resmi memboyong pelatih spesialis ganda asal Indonesia, Paulus Firman, untuk mendampingi Cheah Soon Kit menangani Tan.

"Kami mengadakan beberapa diskusi dengan Tan, tapi dia menolak tawaran kami sampai batas akhir keputusan itu," ungkap Zakaria, yang dilansir Badminton Planet.

Mengulik Sejarah Rudy Hartono, Sang Raja Tunggal Putra All England

Zakaria pun tak menampik bahwa gagalnya Tan bergabung dengan timnas Malaysia menjadi fokus BAM kian sulit bersaing di Piala Thomas.

"Sangat penting untuk memiliki pasangan ganda yang kuat untuk Piala Thomas. Karena itu, dengan penambahan Paulus Firman di kategori ganda putra, kami akan fokus memperkuat pemain ganda putra yang ada," tambah Zakaria.

Faktor Utama Kegagalan Tim Putra di Piala Thomas dan SEA Games

Sementara itu, Tan mengaku sudah tak bisa bergabung kembali dengan tim Malaysia. Sebagai gantinya, ia akan memulai kemitraan satu tahun dengan pemain Korea, Yoo Yeon Seong.

"Saya mengatakan kepada BAM, tak akan menerima persyaratan mereka soal polemik sponsor apparel. Itu keputusan sulit. Tapi, saya harus memenuhi kewajiban dengan sponsor saya, Yonex," ujar Tan.

Tan telah lama disponsori Yonex, sementara sponsor utama BAM adalah apparel Victor. Tan dan Yoo dijadwalkan untuk berpartisipasi dalam New Zealand Open (1 Mei-6 Mei), Australia Open (8 Mei-13 Mei) dan Malaysia Open (26 Juni-1 Juli 2018). (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya