Indonesia Vs Malaysia, Panasnya 'El Clasico' Piala Thomas

Skuat Indonesia pada Piala Thomas 2018
Sumber :
  • ANTARA Foto/Puspa Perwitasari

VIVA – Laga panas akan tersaji dalam babak perempat final Piala Thomas antara tim Indonesia kontra Malaysia, Kamis 24 Mei 2018 di Impact Arena, Bangkok, Thailand. Duel berlabel “El Clasico” tepok bulu angsa Asia Tenggara tentu menuai banyak sorotan.

Rekam Jejak Indonesia di Piala Thomas dan Uber

Indonesia tampil ke fase 8 besar dengan status sebagai juara Grup B usai mengandaskan Korea Selatan 3-2 di laga pamungkas babak penyisihan. Sementara itu Malaysia lolos ke perempat final dengan menduduki runner up Grup D, hasil kalah 2-3 dari Denmark di pertandingan terakhir fase penyisihan.

Dalam pentas Piala Thomas, pertarungan Indonesia dan Malaysia memiliki sejarah rivalitas yang cukup panjang. Tim putra Merah Putih masih didaulat sebagai "raja" beregu putra dengan mengumpulkan trofi Piala Thomas terbanyak yakni 13 gelar. 

Mengulik Sejarah Rudy Hartono, Sang Raja Tunggal Putra All England

Sedangkan skuat Negeri Jiran tetap berlabel sebagai pengoleksi posisi runner up paling banyak dengan 9 kesempatan kandas di final dan baru mampu 5 kali juara.

Dari 5 pertemuan terakhir kedua kubu, tercatat Indonesia mengalami kekalahan dalam duel pamungkas pada semifinal Piala Thomas 2014 di New Delhi, India. Hendra Setiawan cs saat itu takluk dengan skor telak 0-3.

Faktor Utama Kegagalan Tim Putra di Piala Thomas dan SEA Games

Lantas bagaimana dengan pertemuan pada Piala Thomas tahun ini? Apakah armada arjuna Cipayung mampu menuntaskan dendamnya sekaligus mengamankan tiket semifinal? Jawabannya akan dapat disaksikan malam nanti mulai pukul 19.00 WIB.

Berikut 5 pertemuan terakhir Indonesia kontra Malaysia di pentas Piala Thomas:

2014    Indonesia 0-3 Malaysia     (Semifinal)
2004    Indonesia 3-1 Malaysia    (Perempat final)
2002    Indonesia 3-2 Malaysia    (Final)
1998    Indonesia 3-2 Malaysia    (Final)
1994    Indonesia 3-0 Malaysia    (Final)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya