Keram, Alasan Elbert Gagal Persembahkan Emas untuk Indonesia

Alexander Elbert Sie meraih medali perak Asian Games 2018.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sadam Maulana (Palembang)

VIVA – Meski gagal mempersembahkan medali emas, perjuangan Alexander Elbert Sie dalam laga final cabang olahraga soft tenis Asian Games 2018, Rabu 29 Agustus 2018, tetap patut diapesiasi.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Perolehan medali perak juga tidak terlalu buruk. Karena dalam laga final yang berlangsung di lapangan tenis, kompleks Jakabaring Sport City Palembang, Elbert dalam kondisi tidak fit.

"Dalam pertandingan tadi saya memang sempat mengalami keram di kaki sebelah kanan. Kondisi ini cukup berpengaruh, apalagi lawan memang cukup berat," ungkap Elbert.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Menurut Elbert, keram yang dia alami tidak hanya terjadi dalam laga final. Pertama kali ia mengalami keram ketika tampil di babak perempatfinal menghadapi wakil Korea Utara, Je Il So, yang juga digelar pada hari ini.

Meski menang 4-1, namun Elbert harus meraihnya dengan susah payah. Elbert pun mengakui keram yang ia dapat karena lawan yang ia hadapi memberikan alot. Sehingga permainan itu harus menguras tenaga.

Ketika Sambo Tinggalkan Jejak di Jakarta dan Palembang

"Pagi tadi pas lawan Korea Utara juga keram. Dia sangat sulit dimatikan dan sangat menguras tenaga. Apalagi pertandingan dari perempatfinal sampai final digelar sekaligus pada hari ini," kata Elbert.

Atlet berusia 31 sebelumnya melaju ke final usai menundukkan rekannya sesama Indonesia, Prima Simpatiaji. Di babak semifinal Elbert menang 4-1. Sayangnya, di laga final Elbert tumbang dari tunggal putera Korea Selatan, Jinwoong Kim, 2-4.

"Saya juga berterimakasih kepada mas Prima yang pertama kali memperkenalkan soft tenis kepada saya. Capaian ini juga tidak terlepas darinya," ujar Elbert.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya