Pelatih Ganda Campuran Ungkap Alasan Tunjuk Winny Gantikan Liliyana

Owi/Butet Juara Ganda Campuran Blibli Indonesia Open 2018.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Pebulutangkis andalan Indonesia, Liliyana Natsir, akhirnya mewujudkan keinginannya untuk pensiun usai Asian Games 2018. Meski kabar ini sudah berembus sejak lama, tapi tetap saja menjadi satu hal yang disayangkan.

Penghancur Praveen/Melati Juara German Open 2022, China Hancur Lebur

Bagaimana tidak, Butet --sapaan Liliyana-- menjadi salah satu pebulutangkis senior yang masih terus mengharumkan nama bangsa meski usianya kini sudah mencapai 33 tahun. Berpasangan dengan Tontowi Ahmad selama delapan tahun terakhir, Liliyana sukses mempersembahkan berbagai gelar bergengsi, salah satunya medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Brasil.

Terakhir, pasangan ini menjuarai Indonesia Open 2018. Namun, mereka gagal juara di Asian Games 2018.

Tragis, Penghancur Raja Bulutangkis Gagal Juara German Open 2022

Kondisi ini membuat PBSI mau tak mau mencarikan pasangan baru untuk Owi --sapaan Tontowi-- untuk menggantikan Butet. Dan akhirnya, pelatih ganda campuran, Richard Mainaky, memilih Winny Oktavina Kandow sebagai pasangan baru Owi.

Richard memiliki berbagai pertimbangan sebelum memilih Winny. Menurutnya, Winny bakal cepat 'nyetel' dengan Owi.

Tragis, Raja Bulutangkis Dunia Tersingkir dari German Open 2022

"Saya lihat Winny punya bakat cukup bagus. Dia punya prospek dan kami lihat Winny membaca bolanya bagus," kata Richard di Sarinah, Jakarta, Rabu 5 September 2018.

Richard menambahkan, karakter Winny cukup berbeda dengan Butet. Namun, dia memiliki kekuatan dalam stamina dan insting membaca arah bola.

"Secara kualitas masih jauh (dengan Butet), tapi dari tenaga dan insting membaca bolanya bagus," ungkapnya. 

Sebelumnya, Winny adalah pasangan dari Akbar Bintang Cahyono. Keduanya pernah mencapai semifinal Singapore Open 2018 Super 500 Juli lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya