Ketika Lin Dan 'Termehek-mehek' Hadapi Anthony Ginting

Maestro tunggal putra China, Lin Dan
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Laju maestro tunggal putra, Lin Dan di ajang China Terbuka 2018, harus kandas di laga perdana kontra andalan Merah Putih, Anthony Sinisuka Ginting, Selasa 18 September 2018.

Gugur di China Open 2023, Perut Rehan Naufal Disebut Tidak Ideal sebagai Atlet

Peraih emas Olimpiade 2008 dan 2012, itu tak berdaya menghadapi Anthony dalam duel rubber game, 24-22, 5-21 dan 19-21 di arena Olympic Sports Center Xincheng Gymnasium, Jiangsu, China.

Ada sejumlah aspek yang dikagumi Lin Dan, dari performa seorang Anthony pada duel tersebut. Pemilik koleksi lima gelar juara dunia itu mengaku tak dapat mengatasi perlawanan Anthony yang disebutnya memiliki pergerakan yang cepat.

Daftar Juara China Open 2023

"Ginting adalah pemain yang sangat cepat. Pada saat saya bisa membalikkan keadaan 19-18 di game ketiga, responsnya sangat cepat di depan net. Pelatih saya memberikan arahan, agar saya kembali mengarahkan shuttle cock ke atas, ini juga langsung diselesaikan dengan cepat oleh Ginting dengan smash-nya. Di saat genting, ia bisa tampil lebih stabil," ungkap Lin Dan, saat wawancara seusai laga yang dilansir Badminton Indonesia.

"Saya tidak tampil baik di pertandingan kali ini. Kondisi angin di sini memang merepotkan. Hari ini anginnya juga berbeda dibanding latihan kemarin. Saat kedudukan krusial, saya membuat kesalahan fatal dengan membuang bola terlalu jauh ke luar lapangan, bukan out yang tipis, tetapi jauh sekali," jelas suami eks bintang tunggal putri China, Xie Xingfang itu.

Raja Bulutangkis Dunia Ganas, Harapan Jojo ke Final China Open 2023 Pupus

Hal tersebut juga dinilai Lin Dan, menjadi momentum positif bagi para pemain generasi emas saat ini seperti Anthony Ginting untuk menggeser dominasi pemain senior.

"Saya rasa para pemain muda sekarang, sudah bisa memberi pressure kepada kami pemain senior. Jika kami tidak pada kondisi 100 persen, kami bisa kalah dari mereka," ujar legenda yang juga sahabat Taufik Hidayat ini.

Di babak kedua besok, Kamis 20 September 2018, Anthony Ginting akan berhadapan dengan unggulan utama asal Denmark, Viktor Axelsen untuk memperebutkan tiket perempat final.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya