Nama Liliyana Natsir Mendadak Lenyap di Hong Kong Terbuka

Tantowi Ahmad dan Liliyana Natsir.
Sumber :
  • IG Butet

VIVA – Liliyana Natsir ternyata bakal pensiun lebih awal dari kabar yang beredar. Sebab, ternyata nama Butet sudah lenyap dari daftar pemain Indonesia yang akan bertanding di Hong Kong Terbuka 2018, yang digelar pada 13-18 November nanti.

Penghancur Praveen/Melati Juara German Open 2022, China Hancur Lebur

Dari daftar pemain yang diturunkan, pada pasangan ganda campuran, Tontowi Ahmad tercatat tak lagi berpasangan dengan Butet, tapi bersama pemain ganda putri, Della Destiara Haris. Diketahui, selama ini Della berpasangan dengan Rizki Amelia Pradipta.

Namun, Della tak cuma turun bersama Owi menggantikan Butet. Dia juga masih bermain di ganda putri bersama Rizki di turnamen itu.

Tragis, Penghancur Raja Bulutangkis Gagal Juara German Open 2022

Dari pantauan VIVA di situs resmi Federasi Bulutangkis Dunia atau BWF, nama Butet masih ada dalam daftar undian di turnamen Denmark Terbuka 2018, dan masih berpasangan dengan Owi.

Tragis, Raja Bulutangkis Dunia Tersingkir dari German Open 2022

Di Hong Kong Terbuka, Indonesia menurunkan sejumlah nama, berikut daftarnya:

Tunggal Putra: Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Ihsan Maulana Mustofa, Kho Henrikho Wibowo, Tommy Sugiarto, dan Andre Marteen.

Tunggal Putri: Dinar Dyah Ayustine, Ruselli Hartawan, Lyanny Alessandra Mainaky, Yulia Yosephin Susanto.

Ganda Putra: Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Berry Angriawan/Hardianto dan Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso.

Ganda Putra: Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta, Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani.

Ganda Campuran: Tontowi Ahmad/Della Destiara Haris, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Ronald/Annisa Saufika.

Tantowi Ahmad dan Liliyana Natsir.

Karier Owi/Butet

Owi dan Butet mulai bermain bersama pada 2010. Selama ini, sudah banyak gelar juara diraih mereka, seperti merebut medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016, medali emas SEA Games 2011, Juara Asia 2015, serta Juara Dunia 2013 dan 2017.

Selain berduet dengan Owi, Butet juga pernah tandem bareng Nova Widianto. Bahkan, mereka pernah menduduki rangking satu dunia di ganda campuran pada 30 Oktober 2010.

Di Kejuaraan Dunia,  Butet mencetak sejarah sebagai pemain putri pertama Indonesia yang berhasil merebut tiga gelar di ajang bergengsi tersebut.

Pada 2005, ketika masih berpasangan dengan Nova Widianto, dia berhasil mengalahkan pasangan Negeri Tirai Bambu, Xie Zhongbo/Zhang Yawen.

Nova Widianto/Lilyana Natsir

Pada 2007, mereka kembali meraih gelar juara untuk kedua kalinya dengan mengalahkan pasangan China lainnya di final, Zheng Bo/Gao Ling.

Pada 2013 bersama Owi, Butet merebut gelar juara dunia untuk ketiga kalinya setelah mengalahkan pasangan China, Xu Chen/Ma Jin.

Sementara itu, saat ini, di atas kertas Tontowi/Liliyana masih menjadi pasangan terbaik Indonesia dengan menempati peringkat 3 dunia. Di bawah mereka ada pasangan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja (rangking 11 dunia), Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (rangking 15 dunia) serta Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto (rangking 20 dunia).

Selain berduet dengan Owi, dan Nova, Butet juga pernah tandem bareng Vita Marissa saat tanding di ganda putri Olimpiade 2008. Duet sama Devin Lahardi Fitriawan, Muhammad Rijal dan berpasangan dengan Eny Erlangga. (one)

Baca: Maria Febe Ungkap Alasan Kemunculan Usai Menghilang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya