Liliyana Natsir Resmi Pensiun dari Bulutangkis

Tantowi Ahmad dan Liliyana Natsir.
Sumber :
  • IG Butet

VIVA – Liliyana Natsir menyatakan telah resmi mundur dari dunia bulutangkis dan berpisah dari pasangan ganda campurannya, Tontowi Ahmad.

Penghancur Praveen/Melati Juara German Open 2022, China Hancur Lebur

Wanita yang akrab disapa Butet itu menyatakan bahwa pertandingan melawan wakil China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong di semifinal Denmark Terbuka 2018, merupakan laga terakhirnya.

"Denmark Terbuka saya yang terakhir, terima kasih semuanya atas dukungannya. Sampai ketemu lagi, Denmark!" tulis Butet di akun media sosialnya, Selasa, 23 Oktober 2018.

Tragis, Penghancur Raja Bulutangkis Gagal Juara German Open 2022
Tragis, Raja Bulutangkis Dunia Tersingkir dari German Open 2022

Meski telah menyatakan pensiun. Tapi Butet masih turun tanding di Prancis Terbuka 2018 yang akan berlangsung sore ini di Stade Pierre de Coubertin, Paris.

Karier Owi/Butet

Tantowi Ahmad dan Liliyana Natsir.

Owi dan Butet mulai bermain bersama pada 2010. Selama ini, sudah banyak gelar juara diraih mereka, seperti merebut medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016, medali emas SEA Games 2011, Juara Asia 2015, serta Juara Dunia 2013 dan 2017.

Selain berduet dengan Owi, Butet juga pernah tandem bareng Nova Widianto. Bahkan, mereka pernah menduduki rangking satu dunia di ganda campuran pada 30 Oktober 2010.

Di Kejuaraan Dunia, Butet mencetak sejarah sebagai pemain putri pertama Indonesia yang berhasil merebut tiga gelar di ajang bergengsi tersebut.

Pada 2005, ketika masih berpasangan dengan Nova Widianto, dia berhasil mengalahkan pasangan Negeri Tirai Bambu, Xie Zhongbo/Zhang Yawen.

Pada 2007, mereka kembali meraih gelar juara untuk kedua kalinya dengan mengalahkan pasangan China lainnya di final, Zheng Bo/Gao Ling.

Tantowi Ahmad dan Liliyana Natsir.

Pada 2013 bersama Owi, Butet merebut gelar juara dunia untuk ketiga kalinya setelah mengalahkan pasangan China, Xu Chen/Ma Jin.

Sementara itu, saat ini, di atas kertas Tontowi/Liliyana masih menjadi pasangan terbaik Indonesia dengan menempati peringkat 3 dunia. Di bawah mereka ada pasangan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja (rangking 11 dunia), Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (rangking 15 dunia) serta Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto (rangking 20 dunia).

Selain berduet dengan Owi, dan Nova, Butet juga pernah tandem bareng Vita Marissa saat tanding di ganda putri Olimpiade 2008. Duet sama Devin Lahardi Fitriawan, Muhammad Rijal dan berpasangan dengan Eny Erlangga.

Selamat jalan Butet, terima kasih atas semua perjuangannya mempersembahkan berbagai gelar untuk rakyat Indonesia. (ase)

Baca: Wow, Ratu Bulutangkis Sejuta Dolar Punya Perut Kotak-kotak

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya