Waspada, Ini Sepak Terjang Lawan Kevin/Marcus di Final Prancis Terbuka

Ganda Putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.
Sumber :
  • VIVA / Donny Adhiyasa

VIVA – Pemegang rangking 1 ganda putra dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon akan bertanding memperebutkan gelar juara di turnamen Prancis Terbuka 2018, melawan pasangan Han Chengkai/Zhou Haodong.

Penghancur Praveen/Melati Juara German Open 2022, China Hancur Lebur

Dari jadwal yang diterbitkan Federasi Bulutangkis Dunia atau BWF, partai final ganda putra ini digelar di lapangan satu Stade Pierre de Coubertin, Paris, Prancis, Minggu sore, 28 Oktober 2018.

Laga antara Kevin/Marcus melawan Han/Zhou ini tidak pernah terprediksi sebelumnya. Karena, di Prancis Terbuka sebenarnya pasangan asal China itu hanya berada di unggulan kelima. Mengingat masih ada pasangan lain yang secara prestasi lebih baik dari mereka.

Tragis, Penghancur Raja Bulutangkis Gagal Juara German Open 2022

Namun, meski demikian, bukan berarti Kevin/Marcus akan menang dengan mudah. Dari catatan BWF, mereka pernah dua kali bertemu sebelumnya, dan dari dua kali pertemuan, mereka berbagi kemenangan.

Pertemuan pertama Kevin/Marcus dengan Han/Zhou terjadi di TOTAL BWF World Championships 2018 pada 1 Agustus 2018, dengan hasil kemenangan untuk Kevin/Marcus dalam pertandingan tiga gim dengan poin 18-21, 21-14 dan 21-18.

Tragis, Raja Bulutangkis Dunia Tersingkir dari German Open 2022

Han Chengkai/Zhou Haodong

Kemudian mereka bertemu lagi di China Terbuka 2018, kali ini giliran pemegang rangking 5 BWF itu yang unggul dengan pertandingan tiga gim dengan poin 19-21 21-11 17-21.

Sementara itu, di Prancis Terbuka 2018, langkah Han/Zhou menuju final memang lebih mudah ketimbang Kevin/Marcus. Di babak I mereka hanya bertemu wakil Jepang, Takuro
Hoki/Yugo Kobayasi, di babak II melawan pasangan asal Malaysia, Aaron Chia/Wooi Yik Soh, di perempat final mereka bertanding lawan pemain Taiwan, Liao Min Chun/Su Ching Heng dan di semifinal mereka mengalahkan pemain Taiwan lainnya, Lee Jhe-Huei/Lee Yang.

Sedangkan Kevin/Marcus di babak I bertemu duo jangkung Jerman,  Mark Lamsfuss/ Marvin Emil Seidel, di babak II melawan pemegang rangking 4 tur BWF, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe. Lalu di perempat final pemegang rangking 7 dunia asal Taiwan, Chen Hung Ling/Wang Chi-Lin dan di semifinal menumbangkan wakil India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Yang paling penting diingat, Kevin/Marcus merupakan ganda putra yang telah menjuarai 6 turnamen BWF selama 2018, sementara Han/Zhou belum pernah menjadi juara di turnamen ini.

Tapi, meski Kevin/Marcus lebih diunggulkan merebut gelar ke-7 tur BWF, mereka harus tetap waspada dengan gaya main cepat kedua pemain ini. (ase)

Baca: Pemain Gaek China Bikin Malu Raja Bulutangkis Dunia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya