Rekam Jejak Duo Korea Pembantai Ratu-ratu Jepang di China Terbuka

Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara
Sumber :

VIVA – Putri-putri Jepang boleh saja menguasai ranking-ranking dunia di kategori ganda bulutangkis dunia. Tapi yang perlu dicatat, podium juara China Terbuka 2018 super 750 adalah turnamen yang teramat keramat bagi gadis-gadis negeri sakura.

Gugur di China Open 2023, Perut Rehan Naufal Disebut Tidak Ideal sebagai Atlet

Bayangkan saja, tiga pasang ganda putri Jepang yang berstatus ranking 1, 2 dan 4 dunia, tak berdaya berlaga di Haixia Olympic Sports Center, Fuzhou, China.

Bahkan, sekelas ratu ganda putri, Yuki Fukushima/Ayaka Hirota harus angkat koper sebelum menginjakkan kaki di semifinal. Padahal Yuki/Ayaka pemegang rangking 1 dunia.

Daftar Juara China Open 2023

Yang paling tragis ialah dialami pemegang ranking 2 dunia, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi dan ranking 4 dunia, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara. Keduanya dipermalukan oleh satu pasangan yang sama yaitu Lee So Hee/Shin Seung Chan.

Lee So Hee/Shin Seung Chan.

Raja Bulutangkis Dunia Ganas, Harapan Jojo ke Final China Open 2023 Pupus

Misaki/Ayaka dipecundangi duo Korea Selatan itu dalam pertandingan di semifinal memperebutkan satu tiket ke final.

Meski berstatus ranking 9 dunia, Lee/Shin berhasil mengalahkan juara Korea Terbuka 2018 dan China Terbuka 2018 super 1000 itu dengan mudah, dua gim dengan poin 21-16 dan 21-12.

Di final giliran Mayu/Wakana yang jadi korban keganasan Lee/Shin. Berstatus sebagai juara dunia 2018,  Mayu/Wakana tak berdaya digebuk dalam dua gim dengan poin 24-22 dan 21-16.

Dalam perjalanan menuju podium juara, Lee/Shin tercatat telah menghabisi 3 pasangan ganda putri Jepang. Sebelum Misaki/Ayaka dan Mayu/Wakana.

Perjalanan Lee So Hee/Shin Seung Chan ke podium juara.

FOTO: Bagan perjalanan Lee/Shin menuju podium juara China Terbuka.

Ada pasangan Naoko Fukuman/Kurumi Yonao jadi korban pertama Lee/Shin, mereka disikat di babak 32 besar juga dalam dua gim dengan poin 21-16 dan 21-12.

Tak cuma menjadi membantai ratu-ratu Jepang, di China Terbuka ini, Lee/Shin juga mampu membalaskan dendam pada ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Pemegang ranking 5 dunia ini dikalahkan di perempatfinal. Sebelumnya, Lee/Shin pernah dikalahkan Greysia/Apriyani di dua turnamen berbeda, yakni di Indonesia Masters 2018 dan beregu putri Asian Games 2018 Jakarta Palembang.

Baca:  Kejutan Final China Terbuka, Ranking 3 Dunia Keok di Tangan Duo Korea

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya