Balas Dendam, Fajar/Rian Hajar Duo Korea di Hong Kong

Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
Sumber :
  • BWF

VIVA – Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto merebut satu tiket ke perempatfinal Hong Kong Terbuka 2018, setelah di babak II mengalahkan wakil Korea Selatan, Liao Min Chun/Su Ching Heng.

Buka-bukaan Apri/Fadia dan Jojo Usai Juara Hong Kong Open 2023

Dalam laga bertajuk balas dendam itu, Fajar/Rian mempermalukan Liao/Su dalam dua gim di Hong Kong Coliseum, Kowloon, Hong Kong, Kamis 15 November 2018.

Jalannya pertandingan cukup sengit, di gim pertama Fajar/Rian langsung menggempur dan merebut 1 gim pembuka laga. Liao/Su sempat menyamakan kedudukan 1-1.

Jonatan Christie Wins Hong Kong Open After Defeating Kenta Nishimoto

Usai menyamakan kedudukan, Liao/Su berusaha menekan Fajar/Rian. Tapi, mereka gagal mendapatkan poin. Sebaliknya Fajar/Rian mendapatkan dua poin untuk melebarkan jarak dalam kedudukan 3-1 di menit ke-2.

Reli poin sempat terjadi dalam jarak dua poin untuk keunggulan Fajar/Rian. Namun, di menit ke-5, peringkat 10 dunia itu berhasil memperlebar jarak poin hingga 5 poin pada kedudukan 8-3. Bahkan sempat unggul 14-7.

Daftar Juara Hong Kong Open 2023

Liao/Su berusaha meningkatkan permainan, hanya saja, hingga menit ke-14, mereka cuma mampu menambah 5 poin dan Fajar/Rian menutup laga dengan poin akhir 21-12.

Di gim kedua, giliran Liao/Su yang mendapatkan poin pembuka lagi, tapi dibalas Fajar/Rian tak lama kemudian dalam posisi kedudukan 1-1.

Berbeda dengan gim sebelumnya, di gim kedua, Liao/Su terlihat berusaha memaksa terjadinya rubber game, mereka melakukan perubahan permainan dengan lebih banyak menekan dengan smes dan bola lambung.

Namun, Fajar/Rian menjabaninya dengan permainan pertahanan dan serangan cepat, efeknya terjadi reli poin, hingga menit 19 poin keduanya sama kuat 4-4.

Akhirnya di menit 21, Fajar/Rian mampu unggul dengan selisih 2 poin pada kedudukan 8-6. Tapi dua menit berselang, Liao/Su menyamakan kedudukan jadi 8-8. Bahkan, sempat menyalip raihan poin Fajar/Rian hingga mengubah angka papan skor jadi 8-9.

Tapi, Fajar/Rian kembali mendapatkan 3 poin untuk menyalip dan unggul 11-9 jelang jeda gim kedua. Usai jeda, Fajar/Rian mendapatkan 1 poin untuk menjaga jarak jadi 13-9.

Di menit 29, raihan poin Fajar/Rian semakin melejit pada kedudukan 16-9. Akhirnya di menit 34, Fajar/Rian menghentikan perlawanan Liao/Su dengan poin akhir 21-13.

Sebelumnya, dalam dua pertemuan terakhir, Fajar/Rian tak pernah menang lawan Liao/Su. Bahkan, di Fuzhou China Terbuka 2018, Fajar/Rian dipecundangi di babak I dengan poin 21-18 dan 21-19. Sebelumnya, Fajar/Rian juga ditekuk di Korea Terbuka 2018.

Dengan kemenangan ini, Fajar/Rian melaju ke perempatfinal untuk berhadapan melawan pemenang laga antara wakil Taiwan, Lee Jhe-Huei/Lee Yang vs wakil India, Attari Manu/Reddi B Sumeeth.

Baca: Jadwal 16 Besar Hong Kong Terbuka, Jojo Vs Ginting Paling Dinanti

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya