Kevin/Marcus Tumbangkan Duo Gaek Denmark di Laga Penuh Tipuan

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.
Sumber :
  • BWF

VIVA – Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon akhirnya menumbangkan pasangan gaek Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen dalam laga penuh drama di babak II atau 16 besar Hong Kong Terbuka 2018.

Buka-bukaan Apri/Fadia dan Jojo Usai Juara Hong Kong Open 2023

Dalam pertandingan yang digelar di lapangan 1 Hong Kong Coliseum, Kowloon, Hong Kong, Kamis malam 15 November 2018, peringkat 1 dunia itu menang melalui pertandingan rubbergame selama 65 menit dengan poin 16-21, 21-19 dan 21-9.

Di gim pertama, kedua pasangan langsung bermain cepat hasilnya reli poin pun tercipta. Akibat kesalahan-kesalahan pengembalian bola. Hingga poin sempat sama kuat 4-4.

Jonatan Christie Wins Hong Kong Open After Defeating Kenta Nishimoto

Selanjutnya, bola net pendek tipuan dari Marcus gagal disambut Boe, poin pun meringsak jadi 5-4. Poin kembali sama kuat 5-5 setelah smes menyilang dari Marcus melebar.

Tapi Kevin menambah satu poin jadi 6-5 hasil serobotan bola servis Mogensen. Selanjutnya, Kevin membuat kesalahan, servisnya terlalu jauh dan poin kembali sama kuat 6-6. Servis dari Boe dikembalikan dengan bola net oleh Kevin, poin jadi 7-6. Tapi Mogensen membalas dengan permainan bola net sehingga poin sama kuat 7-7.

Daftar Juara Hong Kong Open 2023

Terjadi reli atraktif sampai akhirnya Boe gagal menyeberangkan bola, poin jadi 8-7. Kevin menambah dua poin dari hasil servis tipuan dan smes keras bola tanggung di depan net, poin jadi 10-7.

Di menit 7, Boe/Mogensen mendapatkan empat poin dari hasil smes Kevin yang melebar dan dua kali smes keras menukik serta bola panjang yang keluar lapangan dari Marcus, poin pun berbalik jadi 10-11 di jeda gim 1.

Usai jeda, di menit 12 Kevin menyamakan kedudukan melalui smes menuki di depan net, poin jadi 11. Tapi Boe berhasil menyarangkan pukulan mendatar yang gagal disambut Kevin, pemain Denmark itu kembali unggul 11-12.

Terjadi reli panjang di menit 10, Kevin/Marcus bergantian menyerang dengan smes-smes keras, Tapi pertahanan Boe/Mogensrn terlalu kuat malahan pengembalian bola mereka gagal diambil Marcus dan mereka unggul 11-13. Lalu, Boe berasil menambahkan satu pon lagi dan dibalas serobotan unik ala Marcus sehingga merubah angka di papan skor jadi 12-14.

Boe kembali memperdaya Kevin di menit 12 melalui bola mendatar poin jadi 12-15. Terjadi lagi reli panjang dan diselesaikan Mogensen dengan pukulan ke arah Wajah Kevin, bola pun masuk, poin mereka melebar jadi 12-16.

Kevin/Marcus mendapatkan satu poin tambahan setelah bola panjang salah dibaca oleh Boe, kedudukan jadi 13-16. Dan Kevin/Marcus merapatkan poin jadi 14-16 di menit 14 melalui bola serobotan di depan net yang diambil Kevin.

Kali ini Marcus membuat kesalahan, bola pengembaliannya melebar dan menambah pon lawan jadi 14-17. Tapi Marcus memasukan satu poin melalui dropshoot tipuan ke tengah lapangan poin jadi 15-17. Sayangnya Boe berhasil menyerobot bola di tanggung dari net hasil pengembalian Kevin, poin berubah lagi jadi 15-18.

Terjadi reli pendek di menit 16, Marcus berhasil mengirimkan bola panjang menyilang ke arah Boe dan sayangnya bola keluar, poinn jadi 15-19. Kevin membuat kesalahan dalam pengembalian bola hingga poin lawan bertambah jadi 15-20.

Bola hasil servis Boe dikembalikan tipis menyilang oleh Kevin, poin jadi 16-20. Lalu di menit 18, servis dari Kevin dinyatakan tak sah dan Boe/Mogens menutup gim pertama dengan kemenangan 16-21.

Mathias Boe/Carsten Mogensen

Di gim kedua, Kevin/Marcus membuat 5 kesalahan pengembalian secara beruntun, tiga bola keluar dan dua bola tersangkut di net, hingga mereka tertinggal sementara 0-5.

Sempat terjadi reli panjang di menit 22, Boe mendapatkan bola tanggung dan disikat dengan smes keras yang tak terjangkau oleh Kevin/Marcus, poin bertambah jauh jadi 0-6.

Akhirnya Kevin/Marcus mendapatkan poin juga ketika Boe gagal menyeberangkan bola. Tapi lawan mendapatkan 1 poin dari smes keras Mogens, poin jadi 1-7.

Kevin/Marcus mendapatkan 3 poin beruntun hasil kegagalan Boe mengembalikan bola, kesalahan Mogens mengantisipasi bola dan smes keras Kevin poin jadi 4-7.

Kevin/Marcus kembali menambah poin jadi 5-7. Sayangnya, servis Marcus di menit dianggap foul dan poin lawan bertambah ada 5-8.

Di menit 26, Marcus menyumbang dua poin dari hasil melayangkan dropshoot tajam dan smes keras ke badan Boe, poin mulai rapat jadi 7-8. Servis dari Marcus mengambang, Mogensen mengembalikannya dengan bola pendek di net dan Marcus gagal mengembalikan bola itu, poin kembali berubah pada kedudukan 7-9.

Kevin/Marcus mendapatkan 2 poin hasil kesalahan servis lawan, dan sebuah smes keras dari Kevin, poin jadi sama kuat 9-9. Di menit 30, bola panjang dari Marcus keluar lapangan dan servis Boe dinyatakan foul, poin sama kuat 10-10.

Jelang jeda gim kedua tepatnya di menit 33, terjadi reli panjang, Marcus dan Kevin bergantian saling berjatuhan untuk mengembalikan serangan lawan hingga akhirnya Mogensen membuat kesalahan sendiri, bola datarnya tersangkut di net dan poin jadi 11-10.

Usai jeda, Kevin/Marcus langsaung tampil ganas, mereka menyerang dengan manuver, dan 2 smes Kevin gagal dikembalikan lawan, poin jadi 13-10.

Tapi lawan berhasil menyamakan kedudukan jadi 13-13. Di menit ke 35 terjadi kontroversi bola hasil serangan Marcus dinyatakan keluar dan lawan berbalik unggul poin jadi 13-14. Boe/Mogens memperlebar poin keunggulan menjadi 15-13 setelah Kevin gagal mengembalikan bola hasil bola tipis di net.

Di menit 38 terjadi reli panjang, Kevin berhasil memanfaatkan bola tanggung dengan smes menyilang dan poin menjadi 14-15. Poin sama kuat 15-15 setelah Boe gagal menyeberangkan bola.

Kevin gagal mengembalikan bola hasil smes Mogensen, kedudukan menjadi 15-16. Selanjutnya, Marcus menyerobot bola servis lawan untuk menyamakan poin jadi 16-16.

Menit 40, Marcus berusaha main tenang menyambut serangan smes keras lawan. Tapi sayang, bola pengembaliannya terlalu lemah sehingga tersangkut di net, poin jadi 16-17.

Boe/Mogensen kembali mendapatkan satu poin karena Kevin gagal menyeberangkan bola hasil servis kedudukan jadi 16-18. Terjadi reli panjang di menit 42, Kevin melesatkan smes keras dan masuk. Poin menjadi merapat dalam kedudukan 17-18.

Di menit 43, Boe/Mogensen menambah satu poin dari hasil smes menyilang yang gagal dikembalikan Kevin, poin jadi 17-19. Kevin/Marcus mendapatkan dua poin penyeimbang poin jadi 19-19 melalui serobotan dan bola smes keras.

Di menit 45, terjadi reli panjang dan Kevin berhasil mendapatkan poin dari hasil dropshoot ke tengah lapangan, poin jadi 20-19. Akhirnya di menit 46, Kevin/Marcus menutup gim melalui bola lambung yang gagal diantisipasi Mogensen. Dan pertandingan dilanjutkan dengan rubbergame.

Ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo (kiri) dan Marcus Fernaldi Gideon

Di gim ketiga, kedua pasangan mendapatkan 1 poin untuk menyamakan kedudukan jadi 1-1. Di menit 49, poin sama kuat 2-2. Bola servis dari Mogensen dimainkan pelan oleh Marcus hingga akhirnya Boe gagal mengembalikan bola, poin jadi 3-2.

Reli terjadi lagi di menit 51, dan bola dari Mogensen melebar, poin Kevin/Marcus betambah jadi 4-2. Serobotan Boe mematikan langkah Marcus, kedudukan jadi 4-3.

Tapi, Kevin berhasil melayangkan smes menukik di depan net untuk mengubah kedudukan jadi 5-3. Di menit 52, lawan mendapatkan bola tanggung dan menyerangkan smes keras dan gagal dikembalikan Marcus, poin jadi tipis 5-4.

Satu menit kemudian, bola servis Mogensen menciptakan reli panjang dan Kevin berhasil memperdaya lawan dan menambah angka jadi 6-4. Terjadi lagi kontroversi bola panjang dari Marcus dan wasit menyatakan bola itu masuk, poin bertambah menjadi 7-4.

Sangat disayangkan di menit 54 Kevin terburu nafsu, bola tanggung dismes keras tapi tersangkut di net hingga lawan mendapatkan poin dalam kedudukan jadi 7-5. Selanjutnya, kedua pasangan mendapatkan satu poin untuk mengubah kedudukan menjadi 8-6.

Pukulan kencang Marcus ke arah badan Mogensen gagal ditangkis, poin melebar jadi 9-6. Satu poin Kevin/Marcus bertambah karena smes Boe melebar, 10-6. Tepat di menit 56, Kevin/Marcus menutup laga jeda gim ketiga dalam posisi unggul poin 11-6.

Usai jeda, langsung terjadi reli panjang, Boe/Mogensen bergantian menyerang dengan smes sampai akhirnya bola masuk, poin jadi 11-7. Di menit 59, kedua pasangan berbagi 1 poin dan kedudukan menjadi 12-8.

Kevin kembali beraksi menipu lawan, bola panjang Boe yang keluar dimainkan seolah-olah akan dipukul, poin jadi 13-8. Setelah itu terjadi reli bola pendek di depan net, dengan cepat Kevin melesatkan bola ke tubuh Boe dan gagal ditangkis, pion jadi 14-8.

Dua poin kembali didapatkan Duo Minions hasil smes tipuan Marcus dan smes keras menyilang dari Kevin, poin jadi 16-8. Di menit 62, poin Kevin/Marcus bertambah menjadi 18-8 hasil dua serangan cepat smes keras Kevin.

Kedua pasangan kembali berbagi satu poin, Boe/Mogensen mendapatkan 1 poin dari hasil backhand menyilang. Kevin/Marcus dari kesalahan Mogensen poin jadi 19-9. Satu poin didapat lagi oleh Kevin hingga poin menjadi 20-19.

Di akhir laga, Kevin dan Boe malah memainkan bola tanpa serangan, mereka berdua asyik saja melemparkan bola-bola panjang, lalu tepat pada menit ke 65, Boe sengaja memukul bola keluar lapangan dan Kevin/Marcus pun memenangkan laga penuh drama itu.

Dengan kemenangan ini, Kevin/Marcus melaju ke perempatfinal untuk berhadapan melawan pemenang derby Korea Selatan antara Kim Gi Jung/Lee Yong Dae melawan      Chung Eui Seok/Kim Duk Young.

Baca: Pul Neraka Memanas, Jonatan Christie Ketemu Kento Momota   

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya