Kevin/Marcus dan Anthony Ginting akan Tarung di Kejurnas PBSI

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.
Sumber :
  • Repro Instagram

VIVA – Ajang pertarungan pebulutangkis top Indonesia akan terhampar di gelaran Kejuaraan Nasional PBSI 2018, pada 18-22 Desember 2018 di Sport Mall Kelapa Gading, Jakarta.

Penghancur Praveen/Melati Juara German Open 2022, China Hancur Lebur

Pengurus Provinsi PBSI DKI Jakarta akan menjadi tuan rumah penyelenggara kejuaraan yang membagi turnamen menjadi dua bagian yaitu divisi I dan divisi II.

Tiga ketentuan peserta yang masuk ke divisi I, ialah  mereka yang memiliki kontribusi besar dalam mengirim atlet ke Pelatnas PBSI seperti provinsi DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Tragis, Penghancur Raja Bulutangkis Gagal Juara German Open 2022

Selain itu, para atlet/klub yang meraih gelar juara I di Divisi II pada Kejurnas tahun sebelumnya. Serta atlet tunggal dan ganda yang memiliki ranking 30 besar, dihitung dari satu bulan sebelum kejurnas.

Dari segi usia pemain, Kejurnas juga akam membagi menjadi dua kategori yakni Taruna (U-19) dan Dewasa. Pemain-pemain top dunia seperti Kevin Sanjaya serta Marcus Fernaldi Gideon serta Anthony Ginting nantinya akan saling berhadapan membela panji klub mereka masing-masing.

Tragis, Raja Bulutangkis Dunia Tersingkir dari German Open 2022

Di tahun genap, Kejurnas kategori Dewasa akan memainkan nomor beregu campuran seperti format Piala Sudirman dengan memainkan lima sektor yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri serta ganda campuran. Sementara kelas Taruna memainkan nomor perorangan.

Kejurnas khususnya kelas taruna, menjadi salah satu tempat ujian para atlet muda serta untuk meninjau hasil pembinaan bibit-bibit muda di klub. Karena mereka lah yang akan menjadi generasi penerus di masa datang.

"Kami memang mau memantau bibit-bibit muda lewat hasil pertandingan terakhir di Kejurnas ini. Untuk persiapan jelang Kejurnas, kami akan persilahkan para atlet untuk bergabung ke klub masing-masing untuk memaksimalkan kesiapan mereka," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti.

Sedangkan bagi pemain top dunia, ajang ini akan jadi arena mempersembahkan penampilan terbaiknya bagi klub yang telah membesarkan nama mereka.

Kehadiran para pemain elit tentunya menambah semangat bagi para pemain muda di klub tersebut. Kejurnas ini juga jadi salah satu poin penilaian terakhir promosi dan degradasi Pelatnas Cipayung yang akan berlangsung awal tahun depan.

Namun tentunya penilaian performa atlet tak hanya dilihat dari satu kejuaraan saja, namun secara keseluruhan.

"Kami akan memulangkan semua atlet ke klub menjelang Kejurnas. Akan ada pemanggilan lagi setelah Kejurnas, mungkin awal tahun depan akan diumumkan daftar promosi dan degradasi," kata Susy.

Pada dua tahun lalu, PB Djarum Kudus menjadi jawara dengan mengalahkan PB Jaya Raya Jakarta dengan skor 3-0 pada ajang Blibli Kejurnas PBSI 2016 yang dilangsungkan di Solo, Jawa Tengah.

Baca: Jonatan Christie Naik ke Ranking 11 Dunia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya