Cara Menyakitkan 3 Ganda Putri Jepang Gagal ke Final Tur BWF

Yuki Fukushima/ Sayaka Hirota.
Sumber :

VIVA – Dominasi gadis-gadis Jepang di kategori ganda putri badminton dunia ternyata berakhir dengan kenyataan yang menyakitkan. 3 pasangan menjadi korban perang saudara 5 wakil sakura dalam memperebutkan 2 tiket ke final Tur Federasi Badminton Dunia atau BWF.

Penghancur Praveen/Melati Juara German Open 2022, China Hancur Lebur

Ketiga pasangan yang menjadi korban perang saudara Jepang itu antara lain: pemegang ranking 1 dunia, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota; Ayako Sakuramoto/Yukiko Takahata; dan Shiho Tanaka/Koharu Yonemoto.
 
Yuki/Sayaka gagal lolos ke final Tur BWF, bukan karena prestasinya buruk. Bayangkan saja, Yuki/Sayaka merupakan pemegang ranking 2 Tur BWF dan selama turnamen super series BWF 2018, mereka sudah 5 kali jadi juara.

Tapi karena hak khusus atau wild card yang dimiliki pasangan Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara sebagai juara dunia 2018.

Tragis, Penghancur Raja Bulutangkis Gagal Juara German Open 2022

Misaki Matsumoto/Ayaka Takahashi

Yuki/Sayaka akhirnya gagal lolos ke final Tur BWF yang akan digelar 12 Desember 2018 di Kota Guangzhou, China. Meski dari daftar ranking terbaru, Mayu/Wakana hanya bercokol di peringkat 3.

Tragis, Raja Bulutangkis Dunia Tersingkir dari German Open 2022

Sebenarnya, Yuki/Sayaka berpeluang besar lolos ke final BWF, syaratnya mereka hanya perlu mempertahankan ranking, diketahui pekan lalu mereka masih berada di peringkat 1 Tur BWF. Sayangnya di pekan 48 atau pekan terakhir jelang final BWF, tahta mereka dikudeta Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi.

Kudeta itu terjadi karena pasangan juara Olimpiade 2018 itu mendapatkan poin tambahan dari mengikuti turnamen Syed Modi 2018.

Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara

Untuk diketahui, sesuai aturan yang berlaku, setiap negara peserta hanya memiliki jatah 2 tiket saja di masing-masing kategori yang dipertandingkan di final Tur BWF 2018.

Karena itulah, khusus untuk di ganda putri ini, cuma 2 wakil Jepang saja yang bisa lolos, yakni pemegang ranking 1 Tur BWF, Misaki/Ayaka dan pemegang wild card, Mayu/Wakana.

Aturan yang berlaku itu juga menyebabkan Ayako/Yukiko mengalami nasib sama dengan Yuki/Sayaka, yaitu gagal ke Guangzhou. Sedangkan Shiho/Koharu gagal ke Guangzhou, karena raihan poinnya disalip wakil Bulgaria, Gabriella Stoeva/Stefani Stoeva di pekan 48. Ironisnya, raihan poin Stove bersaudara dan Ayako/Shiho hanya berjarak 90 poin saja.

Berikut daftar 8 ganda putri yang lolos ke final Tur BWF:

Daftar 8 ganda putri yang lolos ke final Tur BWF 2018.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya