Raja Gaek Bulutangkis Asia Berjaya Lagi di Istora

Sony Dwi Kuncoro.
Sumber :
  • BWF

VIVA – Sony Dwi Kuncoro berhasil lolos ke babak utama Indonesia Masters 2019, usai mengalahkan Chico Aura Dwi Wardoyo.

17 Indonesian Athletes Qualify for the 2024 Paris Olympics

Dalam babak kualifikasi yang digelar di lapangan Istora Senayan, Jakarta, Selasa 22 Januari 2019, Sony menang dalam pertandingan rubbergame dengan poin 10-21, 21-6 dan 21-14.

Di duel itu, Chico sempat merebut kemenangan di gim pertama. Dia berhasil memanfaatkan kondisi staminanya yang lebih bugar ketimbang Sony.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Tapi di gim kedua, Sony membuktikan dirinya seorang pebulutangkis yang kaya pengalaman. Dia merebut kemenangan di gim itu dan memaksa Chico untuk bertarung lagi di gim tambahan atau rubbergame.

Di gim ketiga, pebulutangkis berusia 34 tahun itu kerap memberi pukulan-pukulan yang merepotkan Chico dan akhirnya menutup laga dengan kemenangan.

Meet Rudy Hartono, the Indonesian Badminton Maestro

Sony Dwi Kuncoro.

"Ya kalau kita lihat, dia kan pemain muda, kecepatan dan powernya masih ada. Tadi sebetulnya dia bagus. Cuma dari strateginya saya bisa menang. Dia kuat dan cepat. Saat set kedua saya bisa mempermainkan ritme dan berhasil. Kemudian set ketiga dipaksa lagi," Sony.

Sony mengaku sangat bersyukur atas kemenangan itu. Dia menyebut kemenangan ini sebagai balas dendam usai dikalahkan Chico di partai final Indonesia International Challenge 2018.

"Pertemuan terakhir saya kalah di Indonesia International Challenge, terus sekarang saya balas, ya Alhamdulillah bisa lancar," ujar Sony.

Untuk diketahui, Sony bukan pemain biasa. Dia memiliki riwayat prestasi luar biasa di usia muda. Pemain gaek itu tercatat pernah merajai Asia dengan merebut 3 medali emas di Kejuaraan Asia 2002, 2003 dan 2005. 

Sony juga meraih 5 medali emas di SEA Games 2003 (2 emas),  2005, 2007 dan 2009. Sony juga pernah menjuarai Indonesia Masters pada 2012.

Baca: Penonton Menggila, Rehan/Fadia Merinding Habisi Pebulutangkis Rusia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya