Momen Haru, Lambaian Tangan Terakhir Debby Susanto di Istora Senayan

Debby Susanto.
Sumber :
  • BWF

VIVA – Juara All England 2016, Debby Susanto memutuskan hengkang dari dunia bulutangkis untuk selamanya. Keputusan itu keluar usai dia kalah di babak 32 besar Indonesia Masters 2019 di Istora Senayan Jakarta.

17 Indonesian Athletes Qualify for the 2024 Paris Olympics

Keputusan Debby gantung raket cukup menyedihkan. Karena, kehebatannya di lapangan masih dinanti-nanti masyarakat dunia.

Ada sebuah momen haru yang terekam di pertandingan terakhir Debby. Usai kalah dari pasangan Jerman, Mark Lamsfuss/Isabel Herttrich, Debby terlihat melambaikan tangan tanda perpisahannya kepada penonton di Istora.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Sambil terus berjalan meninggalkan arena, Debby tak henti-hentinya menebar senyumannya. Penonton pun menyambut salam terakhir dari Debby itu dengan yel-yel penyemangat.

Menurut Debby, keputusannya untuk pensiun sudah bulat. Alasannya utamanya adalah keluarga. Dia mengaku ingin fokus mengurus rumah tangga dan orang tuanya.

Meet Rudy Hartono, the Indonesian Badminton Maestro

"Saya ingin fokus pada keluarga saya. Setelah menikah, saya jarang pulang. Rasanya tidak seperti rumah tangga nyata. Saya ingin fokus pada orangtua saya juga. Sejak saya kecil saya sudah jauh dari mereka, jadi sekarang saatnya untuk kembali," kata Debby seperti dilansir situs resmi BWF, Rabu 23 Januari 2019.

Di laga terakhirnya di Indonesia Masters 2019, Debby berpasangan dengan Ronald. Sayangnya, mereka harus kalah dengan mudah dalam dua gim dengan poin 21-14 dan 21-13.

Sebenarnya, Debby pemain hebat. Selain pernah menjuarai All England, dia juga pernah naik podium juara di Korea Open 2017 bersama Praveen Jordan.

Sebelum berpasangan dengan Ronald, Debby sempat berduet dengan Tontowi Ahmad. Dan mereka sempat bertanding di Malaysia Masters 2019.

Baca: Kabar Menyedihkan, Debby Susanto Keluar dari Dunia Bulutangkis

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya