Tatap Olimpiade, Kevin/Marcus Harus Jeli Kumpulkan Poin

Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon
Sumber :
  • badmintonindonesia.org

VIVA – Ganda putra nomor satu dunia asal Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, diharapkan untuk bisa lebih selektif memilih sejumlah turnamen yang akan mereka lakoni sepanjang 2019.

Kisah Cinta Susy Susanti dan Alan Budikusuma, dari Raket Turun ke Hati

Perlu diketahui, tahun ini akan begitu krusial bagi semua pebulutangkis elite, karena akan dimulainya perhitungan poin kualifikasi race to Tokyo Olympic 2020

Penampilan Kevin/Marcus dalam beberapa tahun belakangan memang luar biasa. Di 2017, Kevin/Marcus meraih tujuh gelar Super Series.

Dimulai Hari Ini, Alwi Farhan dan 4 Wakil Indonesia Tempur di Guwahati Masters 2023

Pada 2018, Kevin/Marcus masih mendominasi sektor ganda putra dengan raihan delapan gelar BWF World Tour, ditambah satu medali emas Asian Games 2018. 

"Pemain sekaliber Kevin/Marcus, memang harus selektif memilih turnamen. Kami harus bisa jaga kondisi mereka, karena mereka pasti diincar lawan semua. Diharapkan, kalau berangkat (bertanding dalam turnamen) dalam kondisi terbaik," ungkap Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI, Susy Susanti dalam rilis resminya.

Thailand Masters 2023: Dejan/Gloria Gagal ke Semifinal Usai Ditebas China

"Kami berharap, prestasi Kevin/Marcus peak-nya di Olimpiade. Tapi kalau diumbar, ada masanya yang akan kena itu non-teknisnya, pasti akan memengaruhi, mending diatur saja," tambahnya.

Menurut Susy, Kevin/Marcus lebih baik ekstra fokus ke major events di tahun ini seperti All England, Kejuaraan Dunia, Piala Sudirman, BWF World Tour Finals, dan sebagainya.

"Salah satu faktor mereka bisa selektif memilih turnamen, karena memang sudah aman rangking-nya. Tapi kan, bukan cuma jaga di rangking. Tapi juga kondisi, motivasi, dan kalau terlalu over, akan ada jenuhnya," jelas Susy. 

Hal ini dimaksudkan, agar duo Minions bisa menjaga kondisi fisik maupun mental dalam arti terhindar dari kejenuhan, demi meraih peak performance di Olimpiade Tokyo 2020. 

"Saya setuju sekali, kalau mereka harus fokus ke major events dulu tahun ini. Kevin/Marcus jangan dituntut terlalu berlebihan. Mereka kan, andalan kita di tahun depan (Olimpiade). Yang penting, posisi rangking-nya tetap aman. Kalau bisa bertengger di rangking satu, kalau bisa di tiga besar aman," ujar Susy. 

Turnamen All England 2019, menjadi target terdekat bagi Kevin/Marcus. Turnamen ini akan dilangsungkan di Birmingham, Inggris pada 6-10 Maret 2019. 

Kevin/Marcus berpeluang mencetak hattrick jika tahun ini kembali naik podium juara. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya