Tragis, Nama Tontowi Ahmad Terancam Raib di Ranking Bulutangkis Dunia

Tontowi Ahmad.
Sumber :
  • PBSI

VIVA – Tontowi Ahmad benar-benar sedang mendapat cobaan beruntun. Bagaimana tidak, usai ditinggal pergi tandem sejatinya, Liliyana Natsir. Dia juga ditinggal Debby Susanto.

Benarkah Biaya Sewa Mahal, PBSI Bongkar Alasan Indonesia Open 2024 Batal Digelar di Indonesia Arena

Memang, kini Tontowi sudah memiliki pengganti mereka, dia adalah Winny Oktavina Kandow. Tapi, Owi harus memulai lagi kehidupannya di dunia bulutangkis dari nol lagi.

Kepergian Butet menjadi faktor utama perubahan drastis pada rekor bulutangkis Owi. Dia harus merelakan ranking 4 dunia yang telah dicapainya dengan bersusah payah, raib begitu saja.

8 Pebulutangkis Indonesia Kena Sanksi Berat BWF, Ada yang Dihukum Seumur Hidup

Karena, BWF menghapus nama Butet dari daftar ranking dunia. Sesuai aturan, otomatis Owi juga terhapus dari ranking 4 dunia.

Kini Owi tercatat berada di ranking 283 dunia. Dia duduk di ranking terjauh itu bersama Debby Susanto.

Meet Rudy Hartono, the Indonesian Badminton Maestro

Ironisnya, Owi juga bakal kehilangan rekor tanding bersama Debby, yang membuat mereka bisa berada di peringkat 283 dunia. Sebab, cepat atau lambat, nama Debby juga bakal raib dari daftar ranking dunia dan pemain aktif.

Liliyana Natsir Pensiun

Usai ditinggal Butet, Owi langsung duet dengan Debby, mereka berhasil mengkoleksi 3600 poin dari hasil lolos ke babak 16 besar Malaysia Masters 2019.

Meski mengalami kejadian tak menguntungkan secara beruntung. Tapi, Owi masih bisa memburu lagi rekor ranking yang pernah dia torehkan.

Saat ini, dengan tandem barunya, Winny. Owi bermain cukup baik, mereka baru saja lolos ke babak 16 besar Spain Masters 2019.

Untuk diketahui nama Owi/Butet sudah berada di ranking 5 besar dunia terhitung sejak 16 Juni 2011.

Saat itu mereka berada di ranking 2 dunia. Pada 3 Mei 2018, Owi/Butet sempat merebut tahta ranking 1 dunia sebelum merosot ke ranking 4 dunia.

Owi/Butet merupakan raksasa ganda campuran dunia. Sepanjang karier duetnya, mereka sudah merebut 4 gelar juara dunia, 1 medali emas Olimpiade Rio 2016, 2 medali emas Kejuaraan Asia dan 5 medali emas SEA Games.

Baca: Cedera Horor Senayan, Ratu Bulutangkis Terdepak dari Ranking 2 Dunia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya