Sepak Terjang Mengerikan Lawan Ahsan/Hendra di Final All England

Aaron Chia/So Wooi Yik
Sumber :
  • BWF

VIVA – Raja ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan akan bertarung merebut gelar juara All England Open 2019, melawan wakil Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

17 Indonesian Athletes Qualify for the 2024 Paris Olympics

Pertarungan antara wakil negara bertetangga ini akan digelar Minggu malam ini, 10 Maret 2019 di lapangan utama Arena Birmingham, Inggris.

Mungkin tak banyak yang tahu siapa sebenarnya Aaron/Soh, dan bagaimann sepak terjang mereka di dunia bulutangkis?

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Memang lolosnya Aaron/Soh ke final All England Open 2019 cukup mengejutkan dunia. Pasangan muda ini muncul di saat ganda-ganda putra hebat dunia tumbang di perjalanan menuju final.

Mulai dari juara dunia 2018, Li Junhui/Liu Yuchen hingga juara bertahan All England Open dua tahun beruntun (2017 dan 2018) Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Jonatan Christie Qualifies for the 2024 Paris Olympics

Aaron Chia/So Wooi Yik

Sebenarnya, Aaron/Soh bukan muka baru di turnamen besar dunia, mereka pernah tampil di sejumlah turnamen besar. Bahkan pernah tampil di kejuaraan dunia. Hanya saja memang mereka tak pernah naik podium juara.

Berdasarkan catatan Federasi Bulutangkis Dunia atau BWF, Aaron/Soh mulai duet dan tampil di turnamen dunia sejak 2017 di BWF International Challenge/Series. Di tahun itu mereka hanya bisa menjadi runnerup India International.

Begitu juga di tahun 2018, mereka juga cuma mampu finis sebagai runnerup di dua turnamen berbeda, yaitu di Vietnam International dan Malaysia International.

Sementara di BWF World Tour, mereka juga cuma mampu menjadi runnerup saja, yaitu di SaarLorLux Open 2018.

Namun, di All England Open 2019, prestasi mereka mendadak melonjak drastis. Lihat saja, perjalanan mereka menuju final tak mudah. Mereka harus berhadapan dengan lawan-lawan yang memiliki reputasi mengerikan.

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Di babak 32 besar mereka mengalahkan wakil Taiwan, Lu Ching Yao/Yang Po Han. Lalu di babak 16 besar, mereka melumat duo Denmark juara Eropa 2018, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.

Lalu yang tak kalah hebatnya, di perempatfinal mereka menghajar juara dunia 2017, Liu Cheng/Zhang Nan. Ganda putra China itu padahal baru saja menumbangkan Kevin/Marcus di babak 32 besar.

Dan terakhir di semifinal, mereka mempecundangi ranking 9 dunia asal Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Padahal mereka bercokol di ranking 18 dunia.

Memang, mereka cukup hebat di All England Open 2019. Tapi yang perlu dicatat, mereka tak pernah menang ketika berhadapan dengan Ahsan/Hendra.

Tercatat Aaron/Soh sudah dua kali bertarung lawan Ahsan/Hendra. Dan mereka selalu kalah. Mereka bertemu dihajar Ahsan/Hendra di babak 32 besar Indonesia Masters 2019 dan di final Malaysia International Challenge 2018.

Baca: Ingat!! Petang Ini Ada 5 Pertarungan Merebut Tahta Juara All England

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya