Juara Dunia Musuh Berat Kevin/Marcus Terpuruk di Ranking 36 Tur BWF

Ganda putra China, Li Junhui/Liu Yuchen.
Sumber :
  • IG Liu Yuchen

VIVA – Tak cuma Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menerima dampak buruk dari kekalahan menyakitkan di turnamen tertua dunia, All England Open 2019. Nasib serupa juga dialami musuh bebuyutan The Minions, Li Junhui/Li Yuchen.

Kento Momota Announces His Resignation from Badminton

Bahkan,juara dunia asal China itu bernasib lebih buruk dari Kevin/Marcus. Dalam daftar ranking bulutangkis versi turnamen BWF, posisi Li/Liu terpuruk.

Di daftar ranking tur BWF terbaru, Rabu 13 Maret 2019, di pekan 11 ini mereka masih bercokol di peringkat 36. Dengan perolehan poin 8.040.

17 Indonesian Athletes Qualify for the 2024 Paris Olympics

Memang, jika berkaca dari jumlah turnamen yang mereka ikuti, Li/Liu kalah banyak dari Kevin/Marcus.

Di tahun 2019, Li/Liu baru turun di 2 turnamen saja, di Indonesia Masters dan All England Open. Sedangkan Kevin/Marcus sudah turun di 3 turnamen, Malaysia Masters, Indonesia Masters dan All England Open.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Hanya saja, di 2 turnamen yang mereka ikuti, Li/Liu tampil sangat buruk, Di Indonesia Masters mereka cuma berlaga sampai perempatfinal. Sedangkan di All England, Li/Liu malah sudah kalah sejak babak 32 besar.

Sedangkan Kevin/Marcus, meski tampil buruk di All England. Tapi mereka telah berhasil mendapatkan 2 gelar juara, yaitu di Malaysia Masters dan Indonesia Masters.

Jika dibandingkan prestasi mereka tahun 2018, tentu apa yang dialami Li/Liu di awal tahun ini jauh dari harapan. Di awal 2018, mereka tak pernah keluar dari peringkat 10 besar ranking tur BWF.

Karena memang penampilan mereka juga lebih baik dari awal tahun ini. Di Indonesia Masters 2018, Li/Liu berstatus sebagai finalis. Mereka finish di posisi runnerup usai dikalahkan Kevin/Marcus. Sedangkan di All England Open, mereka berhasil melaju sampai perempatfinal.

Dan ironisnya padahal akhir tahun 2018 mereka keluar sebagai juara BWF World Tour Finals. Bahkan, sempat mengalahkan Kevin/Marcus di penyisihan grup A.

Baca: Kevin/Marcus Anjlok, Duo Malaysia Rebut Ranking 1 Tur BWF

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya