Sempat Raib, Tontowi Ahmad Melejit Lagi di Ranking Bulutangkis Dunia

Tontowi Ahmad.
Sumber :
  • PBSI

VIVA – Setelah sempat raib dari daftar ranking bulutangkis dunia, karena berpisah dari Liliyana Natsir. Akhirnya nama Tontowi Ahmad kembali muncul.

Meet Rudy Hartono, the Indonesian Badminton Maestro

Hebatnya lagi, tak membutuhkan waktu lama, nama peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 itu sudah bercokol di 100 besar dunia.

Berdasarkan daftar ranking bulutangkis dunia terbaru yang disiarkan BWF, Selasa 19 Maret 2019, di pekan 12 ini, nama juara dunia 2013 dan 2017 itu sudah bercokol di ranking 94 dunia bersama gadis tandem barunya, Winny Oktvina Kandow.

Penampakan GOR Banthong yang Ingin Dijual Mantan Mertua Kurnia Meiga untuk Biaya Pengobatan

Mereka berada di peringkat itu dengan perolehan poin yang cukup lumayan banyak, 13.200 poin.

Nama Owi kembali masuk daftar ranking dunia setelah turun tanding bersama Winny. Turnamen pertama yang mereka ikuti ialah Spain Masters 2019.

Momen Fuji dan Fadly Faisal Menang Tanding Badminton, Kompak dan Kocak Banget!

Di turnamen Super 300 itu mereka meraup poin sebesar 3.850. Karena mereka berhasil melaju sampai ke perempatfinal.

Itulah poin pertama yang mereka raih dan menghantarkan mereka untuk pertama kali berada di daftar ranking dunia di peringkat 265.

Sepekan kemudian, peringkat Owi/Winny melejit 101 peringkat ke ranking 164 dunia. Posisi melejit setelah mendapatkan poin 2.750 di German Open 2019, hasil dari berlaga di babak 16 besar.

Tak lama setelah itu, mereka tampil luar biasa di All England Open 2019. Di turnamen tertua di bumi itu mereka berhasil melaju sampai perempatfinal dan mendapatkan tambahan poin sebesar 6600.

Akhirnya ranking mereka meroket lagi 70 peringkat ke ranking 94 dunia dengan jumlah koleksi poin 13.200.

Bukan tak mungkin hingga akhir tahun nanti nama Tontowi Ahmad dan duet barunya itu bisa berada di 10 besar dunia. Apalagi rekor bertanding mereka di 3 turnamen yang telah dilalui cukup baik.

Perlu diketahui, nama Owi sempat raib pada pekan 8, Februari 2019. Namanya hilang karena BWF menghapus nama Liliyana Natsir dari daftar ranking dunia. Padahal Owi/Butet sebelumnya masih bertengger di ranking 4 dunia.

Baca: Fakta Tontowi Ahmad/Winny Semakin Bahayakan Pebulutangkis Dunia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya