Luar Biasa, Ahsan/Hendra Rebut Ranking 1 Tur Bulutangkis Dunia

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan saat menjuarai All England Open 2019.
Sumber :

VIVA – Sungguh luar biasa, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan merebut ranking 1 turnamen tahunan Federasi Bulutangkis Dunia dari tangan pemain muda Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Kento Momota Announces His Resignation from Badminton

Berdasarkan daftar ranking tur dunia terbaru yang diterbitkan BWF, di pekan 12 ini, Rabu 20 Maret 2019, Ahsan/Hendra menduduki ranking 1 dengan perolehan poin 27.250.

Sebelumnya, pekan lalu usai juara All England Open 2019, mereka masih berada di ranking 3 dengan poin 23.400.

17 Indonesian Athletes Qualify for the 2024 Paris Olympics

Lalu peringkat mereka lompat dua peringkat ke puncak ranking sementara usai mendapatkan poin tambahan sebanyak 3.850 dari mengikuti turnamen Swiss Open 2019.

Sementara itu, Aaron/Soh terdepak satu peringkat ke ranking 2. Mereka tergusur dari ranking 1 karena koleksi poinnya tak bertambah lagi usai menjadi runnerup All England Open 2019, dengan perolehan 25.440 poin.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Ranking tur BWF ini dalam setiap pekan dapat berubah, tergantung dari hasil turnamen yang diikuti pebulutangkis.

Ranking tur BWF ini berbeda dengan ranking dunia. Meski begitu, ranking tur BWF sangat penting. Karena, ranking tur BWF bakal menjadi syarat utama ikut tidaknya seorang pebulutangkis di puncak turnamen tahunan BWF berjuluk BWF World Tour Finals.

Pebulutangkis yang bisa berlaga di ajang berhadiah 1,5 juta dolar Amerika Serikat, cuma mereka yang bercokol di posisi 8 besar ranking tur BWF dan pebulutangkis yang bergelar juara dunia saja.

Baca: Fenomena Ahsan/Hendra Tampil Ganas Usai Hengkang dari Pelatnas

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya