Duo Malaysia Jadi Korban Pertama Kebangkitan Raksasa Bulutangkis Dunia

Tan Kian Meng/Lai Pei Jing
Sumber :
  • BWF

VIVA – Raksasa bulutangkis ganda campuran dunia, Zheng Siwei/Huang Yaqiong ternyata mampu mengubur trauma kekalahan yang mereka alami di semifinal Singapore Open 2019.

Kento Momota Announces His Resignation from Badminton

Buktinya, mereka kembali tampil mengganas. Kali ini korban pertama kebangkitan ranking 1 dunia itu adalah runnerup Singapore Open, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing.

Duo Malaysia itu dilumat dalam pertarungan babak 32 besar Kejuaraan Bulutangkis Asia alias Badminton Asia Championships.

17 Indonesian Athletes Qualify for the 2024 Paris Olympics

Tampil di hadapan pendukung sendiri di Wuhan Sports Center Gymnasium, China, Selasa sore, 23 April 2019,  juara dunia 2018 itu menghajar Tan/Lai dalam pertandingan rubbergame selama kurang dari 1 jam.

Memang, tak mudah bagi Zheng/Huang untuk bisa mengalahkan Tan/Lai. Meski sempat menang cepat pada gim pertama dengan poin 21-12. Tapi di gim kedua, mereka dibuat panik oleh permainan cepat yang diperagakan Tan/Lai.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Tan/Lai pun merebut kemenangan gim kedua dengan poin cukup telak 14-21. Dan memaksa Zheng/Huang untuk menuntaskan pertarungan melalui gim tambahan.

Tak mau kehilangan muka, di gim terakhir Zheng/Huang benar-benar tak mau memberi kesempatan pada Tan/Lai untuk mendominasi pertandingan. Akhirnya pada menit 49, mereka menghentikan perlawanan Tan/Lai dengan poin akhir 21-15.

Dengan kemenangan ini, Zheng/Huang membuka peluang untuk menjuarai kejuaraan berhadiah total 400 ribu dolar Amerika Serikat itu. Di babak 16 besar nanti, Zheng/Huang hanya berhadapan dengan wakil Uzbekistan, Amrullo Bakhshullaev/Sevinch Sodikova.

Perlu diketahui, Zheng/Huang baru saja terluka. Mereka mengalami kekalahan pertama di tahun 2019 ketika berhadapan dengan Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai di semifinal Singapore Open 2019.

Zheng/Huang baru kalah di pertandingan ke 19. Sebelumnya tak ada seorang pun yang mampu mengalahkan mereka. Dengan mudahnya mereka merebut 3 tahta juara, mulai dari Indonesia Masters, All England Open dan Malaysia Open.

Baca: Dramatis, Hafiz/Gloria Hajar Duo China di Kejuaraan Bulutangkis Asia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya