Tatap Indonesia Open, Ganda Putri Benahi Skema Recovery Pemain

Para pemain ganda putri Indonesia; Apriyani Rahayu, Ni Ketut Mahadewi, Greysia Polii.
Sumber :
  • PBSI

VIVA – Jelang bergulirnya ajang bergengsi Blibli Indonesia Open (BIO) 2019, jajaran skuat tuan rumah terus berbenah dan mempertajam fokus persiapan. Menjaga kondisi tubuh untuk bisa terus dalam keadaan prima juga jadi perhatian khusus tim ganda putri Pelatnas Cipayung PBSI.

Lanny/Ribka Terhenti di Semifinal Indonesia Masters 2024, Akui Kalah Power

Sesi latihan fisik berupa lari di jogging track, latihan angkat beban di gym, dan program recovery dengan berendam di air es adalah menu santapan Greysia Polii cs demi bisa tampil ciamik di BIO 2019.

Adapun berendam di dalam air es merupakan salah satu treatment untuk memperbaiki kondisi otot para pemain yang telah menjalani latihan berat dalam sebulan terakhir jelang BIO.

Apriyani/Fadia Absen di Malaysia Open dan India Open 2024, Kenapa?

“Para atlet kan sudah menjalani latihan fisik yang berat sekali, mereka butuh recovery. Persiapan jelang BIO sudah sebulan lebih dan sangat melelahkan, banyak terjadi inflamasi pada otot," ungkap pelatih fisik tim ganda putri, Ary Subarkah yang dilansir dari rilis PBSI.

"Berendam air es bisa membantu recovery dan membuat robekan ototnya merapat kembali,” jelas Ary Subarkah.

Tersingkir dari BWF World Tour Finals, Apriyani/Fadia Fokus pada Pemulihan Fisik

Selain berendam air es, atlet juga bisa melakukan recovery dengan pijat (massage), kompres bagian-bagian tertentu dengan es, serta contrass bath yaitu berendam di air es dan air hangat secara bergantian.

“Sebetulnya bisa juga berendam di air es langsung ke air hangat, tapi teknik seperti ini (rendam air es saja tanpa air hangat) juga ada,” ujar Ary. Dituturkan Ary, program recovery sebaiknya dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Intensitas dan frekuensi program disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing atlet.

Ganda campuran Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati

Hasil Pertandingan Wakil Indonesia di Hari Kedua Thailand Masters 2024

Thailand Masters 2024 telah memasuki hari kedua pada Rabu 31 Januari 2024. Sebanyak 11 wakil Indonesia turun bertanding di Nimibutr Stadium. Enam menang, lima kalah.

img_title
VIVA.co.id
31 Januari 2024