Jonatan Christie Kewalahan Hajar Ranking 35 Dunia di Japan Open

Jonatan Christie
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Jonatan Christie memenangkan duel perdana di turnamen BWF Super 750, Japan Open 2019. Dia melaju ke babak 16 besar setelah mengalahkan Suppanyu Avihingsanon.

Kento Momota Announces His Resignation from Badminton

Dalam duel yang dilangsungkan di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Rabu 24 Juli 2019, Jojo mengalahkan pemain Thailand itu dalam dua gim dalam durasi selama 43 menit.

Sejak gim dimulai, Jojo langsung menekan pertahanan Suppanyu. Ranking 35 dunia itu benar-benar tak berdaya menghadapi permainan tinggi yang diperagakan Jojo, dia pun tertinggal 5-0. Bahkan saat jeda turun minum pun Suppanyu masih tertinggal jauh 11-5.

17 Indonesian Athletes Qualify for the 2024 Paris Olympics

Selepas jeda Jojo masih terus menguasai laga. Dan akhirnya juara Australian Open 2019 itu memetik kemenangan dengan angka telak 21-15.

Di gim kedua Jojo benar-benar tak memberikan kesempatan bagi lawannya untuk bisa mengontrol laga. Terbukti dengan cepat Jojo bisa unggul dengan angka telak 10-2. Jojo terus memimpin hingga jeda turun minum dengan angka 11-5.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Usai jeda Suppanyu mulai berusaha bangkit dan lepas dari tekanan. Di satu sisi, stamina Jojo juga mulai terkuras dan mulai kewalahan. Secara tak terduga, Suppanyu berhasil menyamakan skor pada kedudukan 15-15.

Melihat permainan lawan mulai meningkat, Jojo berusaha kembali menguasai duel. Memang tak mudah, sebab kepercayaan diri Suppanyu mulai meningkat. Tapi, Jojo kembali bisa melejitkan angka untuk menjauh dari Suppanyu pada kedudukan 17-15.

Memasuki waktu krusial, Jojo mulai kehilangan konsentrasi. Terbukti Suppannyu untuk kedua kali berhasil menyamakan angka 19-19.

Dengan sisa tenaga, Jojo berhasil mendapatkan 1 poin untuk membuka peluang merebut kemenangan dengan poin 20-19. Tapi, Suppanyu berhasil mengagalkannya dengan menyamakan angka 20-20.

Tak cukup sampai di situ dia juga nyaris mencuri kemenangan dan menciptakan rubbergame karena berbalik unggul 20-21. Jojo berhasil menggagalkan kemenangan Suppanyu dengan menyamakan angka 21-21. Di sisa waktu Jojo mendapatkan 2 poin menutup gim dengan kemenangan 23-21.

Dengan kemenangan ini, Jojo melaju ke babak 16 besar untuk menghadapi Wong Wing Ki Vincent. Tunggal putra Hong Kong ini baru saja mengalahkan pemain China, Huang
Yu Xiang.

Baca: Hebat, Owi/Winny Melesat 12 Peringkat di Ranking Bulutangkis Dunia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya